Rabu 26 Jan 2022 15:21 WIB

Joe Biden akan Sambut Kunjungan Emir Qatar

Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani ke Amerika bahas sejumlah isu

Rep: kamr/ Red: Esthi Maharani
Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani
Foto: AP/John Gambrell
Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan menyambut kunjungan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani ke negaranya pada Senin (31/1/2022) pekan depan. Mereka diagendakan membahas sejumlah isu, baik yang berkaitan dengan hubungan bilateral, termasuk kondisi kawasan serta global.

"Kunjungan tersebut memberikan kesempatan bagi Presiden (Biden) dan Emir untuk berkonsultasi mengenai berbagai isu regional dan global yang menjadi kepentingan bersama," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan pada Selasa (25/1/2022), dikutip Anadolu Agency.

Baca Juga

Biden dan Sheikh Tamim juga akan mendiskusikan upaya mempromosikan keamanan dan kemakmuran yang lebih luas di kawasan Teluk serta Timur Tengah. Mereka pun disebut bakal membahas tentang krisis Afghanistan.

Terkait hubungan bilateral, salah satu topik yang bakal dibahas oleh Biden dan Sheikh Tamim adalah tentang kerja sama investasi serta perdagangan. "Presiden (Biden) menantikan kunjungan penting ini dan menegaskan kemitraan yang kuat antara AS dan Qatar," kata Gedung Putih.

Pada pertemuan itu, Biden dilaporkan akan menyampaikan terima kasih kepada Sheikh Tamim atas peran Qatar dalam membantu proses evakuasi warga AS dan warga Afghanistan yang berisiko tahun lalu. Doha diketahui menjadi tempat transit dalam proses tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement