Tuesday, 22 Jumadil Akhir 1443 / 25 January 2022

Tuesday, 22 Jumadil Akhir 1443 / 25 January 2022

Wilayah Kumuh di Brasil Disulap Jadi Menjadi Kebun Sayur

Senin 06 Dec 2021 14:36 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Dwi Murdaningsih

Program Hortas Cariocas di Rio de Janeiro menyulap kampung kumuh menjadi kebun sayur.

Program Hortas Cariocas di Rio de Janeiro menyulap kampung kumuh menjadi kebun sayur.

Foto: REUTERS/Pilar Olivares
Perbaikan lingkungan itu dilakukan dalam program Hortas Cariocas.

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO -- Lingkungan Manguinhos di Rio de Janeiro, Brasil, dulunya adalah sebuah perkampungan kumuh. Banyak pecandu narkoba hidup di sana. Banyak penduduk membuang sampah sembarangan. Wilayah ini kini telah diubah menjadi kebun sayur komunitas yang sekarang memberi makan sekitar 800 keluarga.

Lingkungan itu disulap dalam program Hortas Cariocas. Menurut menurut koordinator program, program ini mencakup area empat lapangan sepak bola. Kondisi tersebut menjadikannya salah satu yang terbesar dari jenisnya di Amerika Latin.

Baca Juga

"Daerah khusus ini digunakan sebagai 'cracolandia'. Jika Anda tiba di sini pada Rabu pukul 10.00, Anda dapat menemukan dua atau tiga ribu orang merokok di area ini," kata ahli agronomi yang dipekerjakan oleh pemerintah kota, Julio Cesar Barros, merujuk pada wilayah dengan perdagangan narkoba dan penggunaan narkoba yang tinggi.

Barros mengatakan dia membantu menciptakan proyek "Hortas Cariocas" pada 2006 untuk menanam sayuran di berbagai bagian kota dan memasok produk organik untuk penduduk berpenghasilan rendah. Dia mengatakan taman kota membantu mencegah pendudukan tidak tinggal di daerah berbahaya yang rawan banjir atau tanah longsor. Proyek ini sekarang telah diperluas ke 49 kebun sayur di seluruh Rio.

"Saat saya menanam (benih), saya berpikir bahwa dalam beberapa hari saya akan memanen ini dan membawanya pulang untuk dimakan," kata seorang pekerja pertanian perkotaan, Diane Silva.

"Saya tahu saya menanam untuk memanen besok ... memberikan banyak kesenangan untuk bekerja di kebun, itu adalah pekerjaan yang kami nikmati, saya suka ini," ujarnya.

Seorang warga Manguinhos yang membantu mengoordinasikan proyek tersebut, Ezequiel Dias mengatakan bahwa inisiatif tersebut telah mengubah komunitasnya. "Itu mengubah wajah Manguinhos... komunitas kami sangat membutuhkan ini: kedamaian, kebahagiaan, dan kehidupan yang lebih baik," katanya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA