Senin 20 Sep 2021 09:53 WIB

AS Usir Imigran Haiti dari Texas

Meksiko juga akan mendeportasi warga Haiti dari daerah mereka.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Teguh Firmansyah
Warga Haiti menyeberangi perbatasan menuju Amerika Serikat (AS) di Tijuana, Meksiko.
Foto: AP Photo/Gregory Bull
Warga Haiti menyeberangi perbatasan menuju Amerika Serikat (AS) di Tijuana, Meksiko.

REPUBLIKA.CO.ID,  TEXAS -- AS menerbangkan warga Haiti yang berkemah di kota perbatasan Texas kembali ke tanah air mereka pada Ahad (19/9). Pejabat AS juga mencoba menghalangi imigran lain melintasi perbatasan dari Meksiko.

Ini merupakan pengusiran skala besar migran atau pengungsi dalam beberapa  dekade. Lebih dari 320 migran tiba di Port-au-Prince dengan tiga penerbangan. Pihak Haiti mengatakan ada enam penerbangan diperkirakan pada Selasa (22/9).

Baca Juga

Secara keseluruhan, pihak berwenang AS bergerak untuk mengusir lebih dari 12 ribu migran yang berkemah di sekitar jembatan di Del Rio, Texas, setelah menyeberang dari Ciudad Acua, Meksiko.

"Satu-satunya persamaan yang jelas untuk pengusiran semacam itu tanpa kesempatan untuk mencari suaka adalah pada 1992 ketika Penjaga Pantai mencegat pengungsi Haiti di laut," kata Yael Schacher, advokat senior AS di Refugees International yang studi doktoralnya berfokus pada sejarah hukum suaka AS seperti  dilansir di AP News, Senin (20/9).

Meksiko tidak menerima warga Haiti yang diusir atau orang-orang dari kebangsaan lain di luar Meksiko, Guatemala, Honduras dan El Salvador.

Ketika perbatasan ditutup hari Ahad, para migran awalnya menemukan cara lain untuk menyeberang di dekatnya sampai mereka dihadapkan oleh penegak hukum federal dan negara bagian.

Seorang reporter Associated Press melihat imigran Haiti masih menyeberangi sungai ke AS sekitar 1,5 mil (2,4 kilometer) timur dari tempat sebelumnya, tetapi mereka akhirnya dihentikan oleh agen Patroli Perbatasan yang menunggang kuda dan petugas penegak hukum Texas.

Saat mereka menyeberang, beberapa orang Haiti membawa kotak di kepala mereka yang berisi makanan. Beberapa melepas celana mereka sebelum masuk ke sungai dan membawanya. Yang lain tidak peduli kebasahan.

Agen berteriak kepada para migran yang sedang menyeberang di sungai setinggi pinggang untuk keluar dari air. Beberapa ratus orang yang berhasil menyeberang dan duduk di sepanjang tepi sungai di sisi AS diperintahkan ke kamp Del Rio. "Pergi sekarang," teriak para agen.

Pihak berwenang Meksiko di sebuah perahu memberi tahu orang lain yang mencoba menyeberang untuk kembali ke Meksiko.

Meksiko mengatakan pada Ahad (19/9) bahwa pihaknya juga akan mulai mendeportasi warga Haiti ke tanah air mereka. Seorang pejabat pemerintah mengatakan penerbangan akan dilakukan dari kota-kota dekat perbatasan AS dan perbatasan dengan Guatemala, di mana kelompok terbesar tetap berada.

Orang Haiti telah bermigrasi ke AS dalam jumlah besar dari Amerika Selatan selama beberapa tahun, banyak yang telah meninggalkan negara Karibia mereka setelah gempa bumi tahun 2010 yang menghancurkan.

Setelah pekerjaan mengering dari Olimpiade Musim Panas 2016 di Rio de Janeiro, banyak yang melakukan perjalanan berbahaya dengan berjalan kaki, bus, dan mobil ke perbatasan AS, termasuk melalui Darien Gap yang terkenal, hutan Panama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement