Rabu 08 Sep 2021 13:36 WIB

Dampak Gempa Meksiko, Listrik Padam di Sejumlah Wilayah

Di Mexico City, getaran akibat gempa terjadi selama hampir satu menit

Rep: Puti Almas/ Red: Christiyaningsih
Seorang petugas mengamati tumpukan puing yang merupakan lantai bangunan sambil terus mencari korban selamat usai gempa di Meksiko. Ilustrasi.
Foto: EPA
Seorang petugas mengamati tumpukan puing yang merupakan lantai bangunan sambil terus mencari korban selamat usai gempa di Meksiko. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO CITY - Gempa bermagnitudo 7,0 mengguncang Meksiko pada Selasa (7/9). Guncangan dilaporkan terasa hingga ke ibu kota Mexico City yang terletak hampir 322 kilometer (200 mil) jauhnya dari pusat gempa.

Dilansir DW, Survei Geologi Amerika Serikat (AS) melaporkan gempa Meksiko itu berpusat di sekitar 17 kilometer ke daratan dari tujuan wisata populer Acapulco. Meski demikian, sejauh ini belum ada laporan korban jiwa dalam bencana.

Baca Juga

“Orang-orang saat ini khawatir terhadap gempa susulan. Ada kebocoran gas di banyak tempat serta tanah longsor dan tembok yang runtuh,” ujar Wali Kota Acapulco, Adela Roman, dalam sebuah pernyataan setelah gempa.

Di Acapulco, Roman mengatakan belum ada laporan mengenai situasi serius akibat gempa yang menggucang wilayah itu. Namun, kerusakan bangunan serta insiden terkait yang terjadi sedang dalam penanganan.

Di Mexico City, getaran akibat gempa terjadi selama hampir satu menit. Banyak orang segera mengungsi dari bangunan di mana mereka berada karena khawatir akan bahaya runtuh dan tertimpa.

Belum ada laporan awal kerusakan bangunan di Mexico City. Wali Kota Claudia Sheinbaum mengatakan listrik padam di beberapa wilayah lingkungan ibu kota.

Sheinbaum juga mengunggah laporan di Twitter dari seorang pejabat senior yang mengatakan ada kekurangan listrik di beberapa wilayah kota karena gempa. Mexico City pernah dilanda gempa bumi berkekuatan 8,0 pada 1985 yang menyebabkan banyaknya korban jiwa, serta kerusakan besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement