Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Kalifornia Tawarkan Hunian untuk Tunawisma

Kamis 05 Aug 2021 20:30 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih

Homekey adalah kunci dari rencana untuk memerangi tunawisma di Kalifornia. Ilustrasi.

Homekey adalah kunci dari rencana untuk memerangi tunawisma di Kalifornia. Ilustrasi.

Foto: EPA-EFE/JASON SZENES
Homekey adalah kunci dari rencana untuk memerangi tunawisma di Kalifornia

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Ketika pekerja penjangkauan tunawisma pertama kali mengunjungi perkemahannya di bawah jalan layang jalan raya Los Angeles musim gugur lalu, Veronica Perez skeptis dengan tawaran yang diberikan. Mereka menyatakan akan memberikan tidak hanya tempat tidur, tetapi apartemen berperabot lengkap dengan makanan, konseling, dan janji beberapa stabilitas dalam hidupnya.

"Mereka mengatakan mereka memiliki perumahan untuk saya, tetapi itu tidak tampak nyata. Ketika Anda tunawisma, Anda menjadi curiga dan Anda tidak mempercayai orang," kata Perez.

Perempuan berusia 57 tahun ini telah tidur di mobil atau tenda di seluruh Kalifornia Selatan sejak kehilangan pekerjaannya di fasilitas penyimpanan tiga tahun lalu dan tidak dapat membayar sewa. Kali kedua tim penjangkauan datang ke kamp di bawah Interstate 405, Perez memutuskan siap untuk mengambil kesempatan dan membuat perubahan.

Perez menerima tawaran itu dan tinggal di salah satu dari 6.000 unit baru yang dibangun di seluruh negara bagian selama setahun terakhir sebagai bagian dari Project Homekey. Program yang dimulai pada Juni 2020 ini akan menggunakan kembali hotel-hotel kosong, motel, dan properti lain yang tidak terpakai sebagai perumahan pendukung permanen.

Homekey adalah kunci dari rencana Gubernur Gavin Newsom senilai 12 miliar dolar AS untuk memerangi tunawisma di negara bagian berpenduduk terpadat di Amerika Serikat. Menurut data Departemen Perumahan dan Pembangunan Perkotaan AS, Kalifornia memiliki sekitar 161.000 orang yang tidak memiliki rumah atau lebih dari seperempat dari total nasional 580.000.

Newsom menandatangani Rancangan Undang-Undang pendanaan 19 Juli dengan menyebutnya sebagai investasi tunggal terbesar dalam memberikan dukungan bagi yang paling rentan dalam sejarah AS. Kantornya mengatakan 800 juta dolar AS yang sebagian besar dari itu federal Coronavirus Aid, Relief, and Economic Security Act dihabiskan untuk Homekey pada 2020.

Dana program tersebut dipakai untuk menyediakan tempat berlindung bagi 8.200 orang. Sekarang pemerintah berencana untuk menjadi lebih besar lagi dengan akan menghabiskan 5,8 miliar dolar AS dana negara bagian dan federal selama dua tahun untuk memperluas program dan menciptakan sekitar 42.000 unit rumah.

“Jika Anda menganggap tahun lalu sebagai bukti konsep, Anda dapat menganggap tahun ini sebagai mengambil strategi ini untuk skala dan menjadikannya pusat pendekatan Kalifornia untuk menampung para tunawisma,” kata konselor senior Newsom, Jason Elliott.

sumber : AP
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA