Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Biden Sesalkan Buruknya Penanganan Covid-19 Era Trump

Selasa 09 Feb 2021 04:25 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

 Presiden Joe Biden di Gedung Putih. Ilustrasi

Presiden Joe Biden di Gedung Putih. Ilustrasi

Foto: AP/Evan Vucci
Biden menyebut keadaannya lebih buruk dari perkiraan, terutama soal stok vaksin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengekspresikan kekecewaannya pada penanganan pandemi era pemerintahan Trump. Khususnya terkait vaksin Covid-19. Ia tidak menyangka situasi yang ditemuinya jauh lebih buruk dari perkiraan.

Biden mengungkapkan itu dalam sesi wawancara khusus bersama CBS News baru baru ini. Dalam wawancara tersebut, banyak topik dibahas. Salah satunya adalah soal vaksinasi dan perkiraan soal pencapaian kekebalan komunitas di Amerika Serikat.

"Salah satu kekecewaan ketika kami datang ke Gedung Putih adalah terkait bagaimana cara pemerintahan sebelumnya menangani Covid yang ternyata lebih buruk dari yang kami duga," kata Biden seperti dikutip Bussines Insider, Senin (8/2) waktu setempat.  

Biden merujuk pernyataannya itu pada ketersediaan vaksin. Awalnya ia menduga suplainya sudah diamankan dalam jumlah banyak. Namun, sebaliknya. "Karena itulah kami tengah mengupayakan segala cara yang kami bisa," kata Biden.

Ia berencana menggunakan stadion-stadion footbal NFL untuk melakukan vaksinasi massal dan mempercepat prosesnya. Sayangnya, hingga kini niat itu belum selaras dengan pasokan vaksin yang ada.

"Hal berbeda jika kita memiliki cukup vaksin, yang nyatanya tidak, jadi kami berupaya sekuat mungkin untuk mendapat lebih banyak vaksin," kata Biden.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA