Sabtu 07 Nov 2020 09:59 WIB

Decision Desk HQ: Suara Elektoral Biden 273

Decision Desk HQ mencatat Donald Trump baru mendapatkan 214 suara elektoral.

Rep: Lintar Satria/ Red: Friska Yolandha
Situs yang fokus melaporkan hasil pemilihan umum Amerika Serikat (AS) Decision Desk HQ sudah mencatat kemenangan bagi kandidat presiden dari Partai Demokrat Joe Biden. Situs itu mencatat Biden sudah meraih meraih 273 suara elektoral.
Foto: AP/Carolyn Kaster
Situs yang fokus melaporkan hasil pemilihan umum Amerika Serikat (AS) Decision Desk HQ sudah mencatat kemenangan bagi kandidat presiden dari Partai Demokrat Joe Biden. Situs itu mencatat Biden sudah meraih meraih 273 suara elektoral.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Situs yang fokus melaporkan hasil pemilihan umum Amerika Serikat (AS) Decision Desk HQ sudah mencatat kemenangan bagi kandidat presiden dari Partai Demokrat Joe Biden. Situs itu mencatat Biden sudah meraih meraih 273 suara elektoral.

Jumlah itu telah melampaui minimal suara untuk meraih kemenangan yakni 270. Pada Sabtu (7/11), Decision Desk HQ mencatat Donald Trump baru mendapatkan 214 suara elektoral.

Baca Juga

Sejumlah kantor berita dan stasiun televisi belum mengumumkan perolehan suara elektoral ini. Politico masih mencatat suara elektoral Biden masih 262. Sementara di kantor berita Reuters, stasiun televisi CNN dan CBC suara elektoral Biden masih 253.

Tampaknya Decision Desk HQ sudah menghitung kemenangan Biden di Nevada dan Pennsylvania. Mantan wakil presiden itu juga unggal di Georgia yang akan melakukan penghitungan ulang karena ketatnya persaingan.

Decision Desk HQ menyediakan data pemilihan umum untuk The Economist, BuzzFeed, Vox dan Business Insider. Perusahaan rintisan itu didirikan pada tahun 2012. Pendirinya Brandon Finnigan seorang operator truk yang diwaktu segang menulis di blog konservatif Ace of Spades.

Decision Desk HQ kini pekerjaan penuh waktu Finnigan. Situs itu mungkin tidak sepopuler situas analisa dan prediksi pemiliu FiveThirtyEight yang didirikan Nate Silver. Bertolak belakang dari latar belakangnya, yang berasal dari sayap konservatif.

Decision Desk HQ justru mengumpulkan data dari akar rumput. Adweek melaporkan situs itu bekerja independen dan mengumpulkan profit dari perusahaan media yang membeli data mereka.

Presiden Decision Desk Drew McCoy mengatakan pada Adweek keuntungan perusahaannya naik dua kali lipat dari siklus tahun 2017-2018 ke 2019-2020. Ketepatan prediksi perusahaan yang bekerja sama dengan perusahaan analisa lainnya Øptimus Consulting itu dalam pemilihan Kongresional 2018 mencapai 95 persen.

Finnigan menyingkirkan teknik pengumpulan data melalui situs publik dan menggunakan teknik pelaporan lama. Di situsnya Decision Desk mengakui memiliki kontrak dengan The Economist, The Atlantic, Axios bahkan FiveThirtyEight.

Kecepatan dan keakuratan menjadi faktor yang mendorong popularitas situs ini. Decision Desk menjadi situs pemilu pertama yang mengumumkan kekalahan Eric Cantor yang mengejutkan. Perusahaan itu juga menjadi situs pemilu pertama yang menyelesaikan penghitungan suara pemilih 2016.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement