Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

PBB Tekankan Pemimpin Bertanggung Jawab Jadi Kunci Pandemi

Selasa 29 Sep 2020 14:50 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini

Sekjen PBB Antonio Guterres

Sekjen PBB Antonio Guterres

Foto: AP/K.M. Chaudary
PBB menyebut kepemimpinan menentukan penanganan pandemi Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan kepemimpinan yang bertanggung jawab menjadi faktor penting dalam penanganan pandemi Covid-19. Hal itu dia sampaikan saat korban global dari virus corona telah melampaui satu juta jiwa.

"Kepemimpinan yang bertanggung jawab itu penting. Sains itu penting. Kerja sama itu penting dan informasi yang salah membunuh," kata Guterres dalam sebuah pernyataan pada Senin (28/9), dikutip laman UN News.

Ia prihatin pandemi telah membunuh lebih dari satu juta manusia. Hal itu menunjukkan bahwa Covid-19 adalah penyakit yang "buas". Virus corona juga membuat proses berkabung oleh anggota keluarga tak dapat dilakukan. "Bagaimana caramu mengucapkan selamat tinggal tanpa berpegangan tangan, atau memberikan ciuman lembut, pelukan hangat, bisikan terakhir 'Aku cinta kamu'?" ucap Guterres.

Baca Juga

Dia mengungkapkan saat ini pandemi telah memunculkan tantangan-tantangan baru, termasuk di bidang pendidikan dan pekerjaan. "Namun, kita bisa mengatasi tantangan ini," ujarnya.

"Saat kita mengingat begitu banyak nyawa yang hilang, jangan pernah kita lupa bahwa masa depan kita bertumpu pada solidaritas, sebagai orang yang bersatu dan sebagai bangsa yang bersatu," kata Guterres.

Hingga berita ini ditulis, berdasarkan data yang dihimpun laman Worldmeters, terdapat 33.557.938 kasus Covid-19 yang telah tercatat di seluruh dunia. Pandemi telah membunuh 1.006.468 jiwa. Sementara itu pasien pulih mencapai 24.882.082 orang. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA