Senin 13 Jul 2020 09:06 WIB

Pemerintah AS Tekankan Sekolah Harus Dibuka

Presiden Trump mengancam akan menahan dana federal jika sekolah menolak dibuka.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Friska Yolandha
Deretan foto siswa yang lulus pada 2020 di Brooklyn
Foto: AP Photo/Mark Lennihan
Deretan foto siswa yang lulus pada 2020 di Brooklyn

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mendesak semua sekolah untuk kembali dibuka pada musim gugur. Menteri Pendidikan Betsy DeVos bersikeras, sekolah harus dibuka meski terjadi lonjakan kasus infeksi virus corona di AS.

"Anak-anak perlu kembali ke sekolah, mereka harus kembali ke ruang kelas. Keluarga membutuhkan anak-anak untuk kembali ke ruang kelas. Dan itu bisa dilakukan dengan aman," ujar DeVos kepada CNN.

Baca Juga

Sebelumnya, Presiden Trump menekankan kepada sekolah untuk kembali dibuka. Trump mengancam akan menahan dana federal jika sekolah menolak dibuka. Sebelumnya, Trump mengkritik Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) yang menyatakan bahwa sekolah dapat dibuka dengan tetap berpegang pada protokol kesehatan yang ketat. Menurut Trump, CDC terlalu bersikap kaku dalam menyikapinya.

Pihak sekolah mengatakan, keselamatan siswa, guru, dan staf dipastikan aman jika mereka tetap belajar dengan jarak jauh. Sementara, Ketua House of Representative Nancy Pelosi mengatakan, rencana Trump untuk membuka kembali sekolah dapat berisiko terhadap kesehatan anak-anak. Pelosi menegaskan, pedoman CDC wajib diterapkan jika sekolah akan dibuka.

"Kembali ke sekolah menghadirkan risiko terbesar penyebaran virus korona. Pedoman CDD harus menjadi persyaratan dan menjadi mandat," kata Pelosi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement