Rabu 08 Jul 2020 16:45 WIB

Trump Desak Negara Bagian Buka Sekolah di Musim Gugur

Trump berpendapat beberapa sekolah ditutup bukan karena risiko pandemi virus corona

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Christiyaningsih
Presiden AS Donald Trump mendesak pemerintah negara bagian untuk membuka kembali sekolah pada musim gugur. Ilustrasi.
Foto: Doug Mills/Pool/EPA
Presiden AS Donald Trump mendesak pemerintah negara bagian untuk membuka kembali sekolah pada musim gugur. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mendesak pemerintah negara bagian untuk membuka kembali sekolah pada musim gugur. Trump berpendapat, beberapa sekolah ditutup bukan karena risiko pandemi virus corona namun karena alasan politik.

"Mereka pikir itu akan baik bagi mereka secara politis, jadi mereka menutup sekolah. Kami menekan gubernur dan semua orang untuk membuka sekolah," ujar Trump.

Baca Juga

Trump mengumpulkan pejabat kesehatan dan pendidikan dari seluruh negara bagian di Gedung Putih. Pertemuan itu membahas kesiapan untuk membuka kembali sekolah pada musim gugur. Mereka berpendapat, risiko menjaga siswa belajar di rumah lebih besar daripada risiko apa pun yang terkait dengan pandemi virus corona. Menurut mereka, siswa memerlukan akses ke program layanan kesehatan mental dan perilaku.

"Kami ingin membuka kembali sekolah-sekolah. Semua orang menginginkannya. Para ibu menginginkannya, para ayah menginginkannya, anak-anak menginginkannya. Sudah waktunya untuk melakukannya," kata Trump.

Namun, rencana pembukaan kembali sekolah disambut dengan skeptis oleh sejumlah pihak. Presiden Asosiasi Pendidikan Nasional, Lily Eskelsen Garcia mengatakan Trump tidak mampu memahami bahwa pandemi virus corona di AS semakin memburuk dan jumlah pasien yang meninggal dunia terus meningkat.

Selain itu, dia menilai rencana pembukaan sekolah merupakan cara Trump untuk menarik pemilih dalam pemilihan presiden November mendatang, ketimbang memikirkan keamanan siswa.

"Pendidik tentu ingin kembali ke ruang kelas dan di kampus bersama siswa kami, tetapi kita harus melakukannya dengan cara yang aman untuk menjaga keamanan siswa, pendidik, dan masyarakat," ujar Garcia. 

Trump menepis tudingan bahwa rencana pembukaan sekolah bertujuan sebagai kampanye untuk menarik pemilih dalam pemilihan presiden. Trump memuji Gubernur Florida Ron DeSantis yang mengikuti perintah negara untuk membuka kembali sekolah pada musim gugur. Di sisi lain, Trump mengkritik Universitas Harvard karena memperpanjang kuliah online hingga musim gugur.

Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Robert Redfield mengatakan bahwa, lebih baik bagi siswa untuk berada di sekolah daripada di rumah. Dia mencatat, risiko penularan virus corona pada orang usia muda cenderung lebih sedikit ketimbang risiko penularan dari anak-anak ke populasi yang rentan.

Dia mendorong sekolah untuk dibuka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti mengenakan masker dan mengatur bangku serta meja agar tetap menjaga jarak. "Jelas bahwa risiko yang lebih besar bagi masyarakat kita adalah menutup sekolah-sekolah ini," kata Redfield.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement