Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Pancasila Dihina, Indonesia Hentikan Kerja Sama Militer dengan Australia

Rabu 04 Jan 2017 12:42 WIB

Red: Ani Nursalikah

Anggota pasukan Kopassus Reuters/Edgar Su

Anggota pasukan Kopassus Reuters/Edgar Su

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia memutuskan menghentikan seluruh kerja sama militer dengan Australia yang akan berlaku segera, karena adanya bahan yang dianggap menghina yang dipajang di markas pasukan komando Australia di Perth.

Juru bicara TNI Mayor Jenderal Wuryanto mengatakan kepada ABC, kerja sama militer antara TNI dengan Angkatan Bersenjata Australia dihentikan segera. Menurut laporan yang diperoleh ABC, pasukan komando Indonesia, Kopassus sedang berlatih dengan pasukan komando Australia (Special Air Service) di salah satu unit mereka di Perth, Australia Barat.

Mayjen Wuryanto menolak memberikan pengukuhan mengenai alasan penghentian kerja sama, dengan mengatakan ini adalah masalah teknis dan selalu ada pasang surut dalam setiap kerja sama antarmiliter kedua negara. Namun, koran Indonesia, melaporkan seorang instruktur Kopassus tersinggung dengan materi yang dipajang di fasilitas latihan tersebut. "Material yang dilaminasi tersebut menghina dasar negara Pancasila," menurut koran tersebut.

Masih belum jelas berapa lama penghentian kerja sama akan terjadi, dan apakah penghentian ini akan memengaruhi latihan bersama pada masa depan antara Indonesia dan Australia. Sebelum munculnya insiden ini, hubungan militer antarkedua negara sudah mengalami peningkatan.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/indonesia-hentikan-kerjasama-militer-dengan-australia/8161408
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA