Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Indonesia Tingkatkan Pengamanan di Bali Pascapenangkapan Militan

Rabu 24 Aug 2016 13:43 WIB

Red: Ani Nursalikah

Kondisi starbucks sarinah yang jadi lokasi ledakan bom bunuh diri dalam aksi teror di Kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/1).

Kondisi starbucks sarinah yang jadi lokasi ledakan bom bunuh diri dalam aksi teror di Kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/1).

Foto: Republika/Prayogi

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Pejabat kepolisian Indonesia mengatakan otoritas Indonesia telah meningkatkan keamanan di Bali, menyusul laporan pada akhir pekan mengenai rencana kelompok militan untuk menyerang pulau liburan itu.

"Sehubungan dengan informasi tentang penangkapan teror dan tindakan yang direncanakan di Bali, kami meningkatkan keamanan di semua titik masuk ke Bali," kata Kapolda Bali, Sugeng Priyanto.

"Fokus perhatian kami juga para pelabuhan-pelabuhan kecil yang tersebar di seluruh Bali," katanya menambahkan beberapa titik masuk tidak resmi juga sedang dipantau.

Polisi anti-teror mengatakan pada akhir pekan mereka sedang menyelidiki apakah seorang tersangka militan yang ditangkap di Sumatra pekan lalu sedang merencanakan serangan di Bali. Polisi menemukan bom dan bahan peledak berdaya tinggi dalam penggeledahan di rumah tersangka.

"Tersangka mengatakan kepada kami dalam sebuah pernyataan mereka merencanakan serangan di Bali tetapi tidak ada rincian atau waktu," kata juru bicara kepolisian nasional Agus Rianto melalui telepon.

Peristiwa pengeboman terjadi di sebuah klub malam di pulau wisata itu pada 2002 lalu yang dilakukan oleh militan lokal yang menewaskan 202 orang, sebagian besar korban berkewarganegaraan Australia, dan mendorong tindakan keras keamanan nasional.

Indonesia telah melihat kebangkitan radikalisme baru-baru ini, terinspirasi sebagian oleh kelompok ekstrimis Negara Islam ISIS di Timur Tengah.

Serangan bersenjata dan bom yang berkaitan dengan ISIS di Jakarta pada Januari lalu menewaskan empat orang dan sejak saat itu pasukan antiteror Indonesia telah menangkap puluhan tersangka militan.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/indonesia-meningkatkan-peringatan-keamanan-di-bali/7778758
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA