Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

Belasan Warga Australia Dilaporkan Hilang di Nepal

Ahad 26 Apr 2015 14:42 WIB

Red:

Belasan warga Australia temasuk, Jamie Nikou, Hamish McKee, Ballantyne Forder dan Zachary Sheridan, dilaporkan hilang di Nepal.

Belasan warga Australia temasuk, Jamie Nikou, Hamish McKee, Ballantyne Forder dan Zachary Sheridan, dilaporkan hilang di Nepal.

Foto: abc news

REPUBLIKA.CO.ID, NEPAL -- Belasan warga Australia dilaporkan hilang setelah gempa berkekuatan 7,9 skala richter mengguncang Nepal dan India Utara. Bencana itu juga dilaporkan menewaskan lebih dari 1.800 orang serta memicu longsor mematikan di Pegunungan Everest.

Nama-nama dari belasan warga Australia yang dinyatakan hilang itu sudah dimasukan dalam daftar  orang hilang di situs Palang Merah Internasional oleh anggota keluarga atau teman mereka masing-masing.

Sementara itu Kedutaan Besar Australia di Nepal juga telah memberikan bantuan bagi warga Australia dan mengkonfirmasi keselamatan lebih dari 200 orang warga Australia yang berada di Nepal ketika bencana gempa bumi terjadi, seperti disampaikan Menteri Luar Negeri, Julie Bishop dalam pernyataan resminya.
 
Bishop mengatakan ada 549 orang warga Australia yang terdaftar sedang bepergian di Nepal dan saat ini petugas dari kedutaan Besar sedang bekerja keras untuk memastikan keberadaan seluruh warga Australia tersebut di negara itu.
 
Dan meski saat ini berbagai laporan menyebutkan jumlah korban dalam bencana gempa berkekuatan 7,9 skala richter ini cukup besar, namun saat ini belum ada laporan mengenai kematian warga Australia di kawasan bencana tersebut.
 
Menurt Bishop DFAT telah membuka layanan pengaduan darurat dan telah meningkatkan seruan kunjungan ke Nepal mengingatkan soal ganggian telekomunikasi, transportasi dan infrastruktur pariwisata di Nepal.
 
"Saya menghimbau warga Australia untuk mempertimbangkan keselamatan dan kesejahteraan anggota keluarga dan teman mereka di Nepal untuk berusaha menghubungi mereka langsung," katanya baru-baru ini.
 
"Tim respons bencana Australia akan berangkat ke Nepal sesegera mungkin untuk memberikan bantuan dan memastikan keselamatan dan keamanan Australia pasca gempa 25 April. Dua pakar kemanusiaan Australia juga akan turut ditugaskan ke Nepal,"
 
 
Ballantyne Forder menjadi sukarelawan di panti asuhan di Kathmandu, Nepal.
Ballantyne Forder menjadi sukarelawan di panti asuhan di Kathmandu, Nepal.

 
Di antara warga Australia yang dilaporkan hilang adalah Zachary Sheridan, saudara laki-laki aktor Australia, Hugh Sheridan. Dalam aku twitternya Hugh Sheridan meminta do'a atas keselamatan kakak laki-lakinya yang hilang di Gunung Everest dan terakhir menerima kabar 4 hari lalu.
 
"Tolong, bagi siapa saja yang masih terjaga, tolong do'akan kakak saya Zachary Sheridan yang hilang di Gn. Everest dan terakhir menerima kabar empat hari lalu,"
 
Anggota keluarga dari seorang pria asal Adelaide, Jamie Nikou, 23, asal Adelaide dan seorang wanita asal Perth yang bekerja sebagai sukarelawan di panti asuhan di Kathmandu, juga  menggunakan media sosial untuk meminta do'a atas keselamatan kedua warga Australia tersebut.
 
Amanda Sue Markham terakhir mendengar kabar dari saudara perempuannya, Ballantyne Forder,  Hari Rabu lalu ketika Ia mengatakan akan meninggalkan Ibukota Pokhara, padahal pusat gempa terjadi di antara Pokhara dan Nepal.
 
Markham mengatakan saat ini mereka sangat tertekan.  "Saya terjaga sepanjang malam dan selalu berada di samping telepon menunggu kabar apapun mengenai kakak saya. saya juga aktif di media sosial twitter untuk mendapatkan kabar mengenai situasi di Nepal," katanya.
 
Markham mengatakan kakaknya Forder berencana meninggalkan Nepal 29 April mendatang dan kembali ke Australia untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-21 pada 3 Mei mendatang.
 
Ditengah kabar besarnya jumlah korban tewas dan bencana gempa bumi di Nepal, Markham mengaku dirinya berusaha untuk tetap optimis dan berpikiran baik mengenai kondisi saudaranya.
 
Otoritas Nepal telah meminta bantuan dunia internasional pasca bencana gempa yang diperkirakan menewaskan sekitar 1,800 orang, angka korban ini perkirakan akan terus bertambah.
 
Selain itu warga Victoria, Justin Pomella juga dilaporkan hilang. Sepupu Pomella, Lauren Caruana mengunggah sejumlah foto Pomella di akun Facebooknya untuk menanyakan kabar keberadaan saudaranya tersebut.
 
Menurut Caruana, lokasi terakhir Pomella berada di Candi Swayambhunath di Kathmandu dan saudaranya berada di kota itu sejak Jum'at lalu.
 
"Jika ada yang memiliki informasi, tolong kabari saya dan bantuan Anda sangat berharga  dan saya apresiasi," katanya di akun Facebooknya.
 
Hamish McKee dari  Canberra juga tidak terdengar kabarnya sejak Kamis lalu  ketika dia tiba di Kota Pokhara, Ibunya telah melaporkan Palang Merah hari ini.
 
Pendukung dari petualang asal Queensland, Alyssa Azar, yang tengah bersiap untuk melakukan pendakian di gunung Everest berkata gadis berusia 18 tahun itu selamat di base camp.
 
Ini merupakan upaya kedua Azar untuk mendapatkan gelar sebagai orang Australia termuda yang berhasil mencapai puncak gunung tertinggi di dunia tersebut.
 
Keluarga dari Justin Pomella mengunggah foto-fotonya ke Facebook dalam upaya untuk mencari tahu nasib pria asal Victoria ini pasca gempa besar di Nepal.
Keluarga dari Justin Pomella mengunggah foto-fotonya ke Facebook dalam upaya untuk mencari tahu nasib pria asal Victoria ini pasca gempa besar di Nepal.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA