Friday, 15 Zulqaidah 1442 / 25 June 2021

Friday, 15 Zulqaidah 1442 / 25 June 2021

Sepasang Panda Gagal Dikawinkan

Selasa 24 Sep 2013 19:20 WIB

Red:

Panda

Panda

CANBERRA -- Musim kawin bagi panda di kebun binatang Adelaide terpaksa terlewatkan begitu saja, karena upaya mengawinkan sepasang panda tidak membuahkan hasil.

Penjaga kebun binatang sudah memantau selama 72 jam untuk melihat perkawinan antara kedua panda itu, Wang Wang dan Funi. 

Para ilmuwan mencoba membantu proses pengembangbiakkan kedua panda tersebut dengan cara inseminasi buatan. Namun sepertinya upaya mengawinkan kedua panda ini kembali gagal.

Sebelum melibatkan para ilmuwan,  pihak kebun binatang mengaku telah melakukan upaya mengawinkan kedua panda ini.

Para ilmuwan berpendapat ketidakberhasilan upaya ini dikarenakan jumlah sperma Wang Wang yang rendah, kondisi yang jarang ditemukan pada panda muda.

Penjaga kebun binatang, Simone Davey mengatakan kedua panda kini sudah kembali ke rutinitas mereka.
"Kami masih sesekali melihat ada beberapa perilaku seperti di musim kawin, atau aroma tubuh, dan kegelisahan, tetapi kini mereka menghabiskan waktunya masing-masing," kata Simone.

Pihak kebun binatang, kata Simone, belajar banyak dari upaya tahun ini dan berharap tahun depan bisa lebih sukses. Pengembangbiakkan panda sangat rumit, terutama karena musim kawin yang sangat pendek setiap tahunnya. "Kita juga perlu ingat bahwa Wang Wang dan Funi masih muda dan baru saja matang secara seksual," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA