Tuesday, 20 Zulqaidah 1440 / 23 July 2019

Tuesday, 20 Zulqaidah 1440 / 23 July 2019

In Picture: Taman Topi di Tepian Waktu

Rabu 26 Jun 2019 20:37 WIB

Rep: Putra M Akbar/ Red: Yogi Ardhi

Foto: Putra M Akbar/Republika
Tahun ini merupakan tahun terakhir bagi Taman Topi untuk beroperasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Taman Ade Irma Suryani atau lebih dikenal dengan nama Taman Topi merupakan tempat wisata tertua di Kota Bogor. Lokasinya yang hanya berjarak sekitar 500 meter dari Stasiun Bogor membuat Taman yang didirikan sejak tahun 1975 itu banyak dikenal baik oleh warga Bogor sendiri maupun para pendatang yang berkunjung ke Kota tersebut.

Salah satu ikon yang terdapat di Taman Topi adalah Patung Kapten Muslihat yang masih berdiri tegak hingga sekarang. Patung tersebut didirikan untuk mengenang jasa Kapten Muslihat yang dahulu berjuang melawan penjajah pada tahun 1945 dan gugur di sekitar Taman Topi dan Jembatan Merah, Bogor.

 

Pada dekade 80 90-an, Taman Topi merupakan tempat kenangan masa kecil yang pada masanya merupakan tempat favorit untuk berekreasi bersama keluarga. Hingga sekarang tidak banyak perubahan di Taman Topi, masih dengan ciri khas bangunan unik berbentuk topi dan wahana permainan rakyat yang masih klasik.

 

Kini, Taman Topi berada di penghunjung waktunya. Tahun ini merupakan tahun terakhir bagi Taman Topi untuk beroperasi. Pemerintah Provinsi  Jawa Barat bersama Pemerintah Kota Bogor akan membangun Alun-Alun Kota Bogor di lahan Taman Topi kini berada pada tahun 2020 mendatang.

 

Satu demi satu para pedagang meninggalkan bangunan berbentuk topi yang disewakan kepadanya. "Yang lain sudah banyak yang tutup, soalnya sepi pengunjung dan gak bisa nutup biaya sewanya," ujar Rohim, salah satu pedagang yang masih bertahan. 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : Republika

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA