Friday, 19 Ramadhan 1440 / 24 May 2019

Friday, 19 Ramadhan 1440 / 24 May 2019

In Picture: Gitar Ukir Bali yang Mendunia

Rabu 12 Dec 2018 22:29 WIB

Rep: Wihdan Hidayat/ Red: Yogi Ardhi

Foto: Wihdan Hidayat/Republika
I Wayan Tuges yang memadukan aspek keindahan visual dan suara instrumen gitar.

REPUBLIKA.CO.ID, GIANYAR -- Gitar akustik adalah salah satu instrumen musik yang paling banyak digunakan oleh musisi manapun. Suaranya yang khas membuat alat musik ini digemari musisi di berbagai belahan dunia. Gitar yang diproduksi seorang seniman Bali memiliki kelebihan lain selain kualitas suaranya. Penampilan fisik gitar yang penuh dengan ukiran membuat penampilan gitar lebih indah dan memberikan nilai lebih kepada penampilan sang musisi saat berada di panggung

 

Adalah gitar ukir karya I Wayan Tuges yang memadukan aspek keindahan visual dan suara instrumen gitar. Seniman ukir ini mempelajari teknik membuat gitar langsung dari dari negeri Paman Sam. Proses belajar yang tidak mudah. “Saya bukan pemain gitar, dan tidak paham seperti apa gitar, “ ujar Tuges.

 

Hal tadi menjadi ganjalan pada saat memulai membuat gitar ukir. Namun secara bertahap kualitas gitar Tuges semakin bagus dan tidak bisa dipandang sebelah mata. Di bengkel kerjanya berderet gitar ukir buatanya dijejer di etalase gerainya.

 

Berbagai macam model ada di sana. Selain mengutamakan detail pada ukiran. Tuges kini membawahi sekitar 45 pemuda Bali dengan tangan-tangan kreatifnya itu juga mengawasi ketat kualitas suara yang dihasilkan gitar produksinya. Dengan harga jual mulai 3.000 Dolar AS, gitarnya yang mengusung merek Blueberry memang lebih laku di pasar internasional.

Salah satu karya anak bangsa yang membanggakan. Dibuat dengan standar tinggi menghasilkan produk yang berkualitas tinggi.

Sumber : Republika

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA