Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

In Picture: Alat Musik dari Barang Bekas (2)

Rabu 31 Oct 2018 04:00 WIB

Rep: Iman Firmansyah/ Red: Yogi Ardhi

Foto: Iman Firmansyah/Republika
Alat musik ini merupakan tanda kecintaan si pembuat dalam seni.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurut Slamet alat musik ini sampai sekarang tak akan kunjung selesai dan terus berkembang.  Alasan menggunakan bahan baja hingga besi ini, karena  setiap barang bekas tidak mungkin tidak terpakai sama sekali. Menurut Slamet, setiap alat pasti memiliki bunyi-bunyi tertentu yang bisa dimanfaatkan sebagai alat musik.

 

Nada dari  alat musik yang dibuat ini tidak terpaku dari  teori dasar  skala diatonik yang mempunyai tujuh not. Namun lebih ditentukan dari keselarasan suara yang keluar  dari  setiap barang yang  digabungkan.

 

Dengan alat musik yang diciptakan tersebut, Slamet Jenggot  sudah melakukan beberapa kali pentas di beberapa kota Indonesia. Saat pentas Slamet pun menggunakan ‘baju’ yang terbuat dari barang bekas juga hingga helm yang di modifikasi dengan ditambahkan trompet.

“Semua dari yang saya pasang  di alat musik ini berguna, tidak ada yang tak  beguna. dalam jadi semua berhubungan dan menimbulkan keselarasan,” ujar Slamet. Menurutnya alat musik ini merupakan tanda kecintaannya dalam seni.

Sumber : Republika

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA