Rabu 12 May 2021 23:23 WIB

Kegiatan Malam Takbiran dari Berbagai Kota di Tanah Air

Beragam jenis kegiatan digelar melepas penghujung bulan suci Ramadhan..

Red: Yogi Ardhi

Sejumlah anak mengikuti pawai obor di Komplek Grand Cinunuk Indah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/5/2021). Pawai obor yang diselenggarakan oleh pengurus DKM Masjid setempat tersebut ditujukan untuk menyambut Idul Fitri 1442 H yang ditetapkan oleh pemerintah pada Kamis (13/5/2021). (FOTO : ANTARA/Raisan Al Farisi)

Warga menabuh bedug saat malam takbiran menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H di sebuah tenda pinggir jalan, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (12/5/2021). Pemerintah menetapkan Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Kamis (13/5). (FOTO : ANTARA/Yulius Satria Wijaya)

Umat muslim menggelar malam takbiran Idul Fitri dengan penerapan protokol kesehatan di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Rabu (12/5/2021). Dalam mengantisipasi penyebaran COVID-19, pemeritah Aceh meniadakan takbir Idul Fitri 1442 Hijriyah keliling kota dan mengganti dengan tabir di masjid-masjid. (FOTO : Antara/Ampelsa)

Sejumlah remaja masjid bermain sepakbola api di halaman Masjid Batul Fatah Gedog, Blitar, Jawa Timur, Selasa (11/5/2021). Tradisi sepakbola api yang dimainkan jelang pelaksanaan ibadah sahur pada malam terakhir bulan Ramadhan tersebut merupakan wujud rasa syukur masyarakat sekitar karena dapat menjalankan ibadah puasa hingga dipenghujung bulan Ramadhan. (FOTO : IRFAN ANSHORI/ANTARA )

Sejumlah pemuda menyalakan beude trieng (meriam bambu) di Desa Alue Raya, Samatiga, Aceh Barat, Aceh, Rabu (12/5/2021). Memainkan meriam bambu telah menjadi tradisi yang dilakukan pemuda sebagai bentuk ekspresi kebahagiaan menyambut malam lebaran dan hari kemenangan setelah melaksanakan ibadah puasa (FOTO : ANTARA/Syifa Yulinnas)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, Malam 1 Syawal identik dengan kegiatan takbiran. Selain takbiran sebagai 'menu utama' beberapa kegiatan lain kerap dilakukan dalam menyambut malam kemenangan bagi muslim setelah sebulan pernuh berpuasa. 

Mulai dari pawai obor, sepakbola api, hingga meriam bambu. Berikut susana takbiran dan kegiatan lainnnya dari berbagai kota di tanah air. 

sumber : Antara Foto
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement