Saturday, 6 Rajab 1444 / 28 January 2023

In Picture: Dua Wartawati Republika Raih Penghargaan Jurnalistik Bank Indonesia 2021

Selasa 07 Dec 2021 16:21 WIB

Red: Yogi Ardhi

Foto: Dok FDWB
12 Karya terbaik jurnalis meraih Penghargaan Jurnalistik BI Jabar (PJBI) 2021.

REPUBLIKA.CO.ID,  BANDUNG - Dua wartawati Republika Lilis Sri Handayani dan Arie Lukihardianti meraih juara pada ajang Penghargaan Jurnalistik Bank Indonesia (PJBI) Jawa Barat 2021 di Bandung, Selasa (7/12/2021).

Lilis Sri Handayani berhasil menyabet Juara 1 untuk kategori tulisan Featura Media Online PJBI 2021 dengan karya berjudul "Batik Tulis Ciwaringin; Kembali ke Alam Ramah Lingkungan"

Sementara Arie Lukihardianti meraih Juara 3 kategori tulisan Feature Media Cetak PJBI 2021 dengan judul "Menarik Minat Milenial Bertani dengan Digitalisasi"

Total ada 12 karya jurnalis sebagai pemenang 1, 2 dan 3 dari empat kategori yang diperlombakan. Kategori lomba terdiri dari kategori ficer media cetak, online, video, dan photostory.

Sejak diumumkan pada Oktober 2021, total lebih dari 100 karya dihasilkan peserta.  Penjurian dilakukan berbagai kalangan mulai dari akademisi, praktisi, dan perwakilan dari BI Jawa Barat.

Dalam PJBI kali ini, jurnalis mengangkat UMKM mitra Bank Indonesia di wilayah Jawa Barat yang berhubungan dengan Inovasi UMKM di Tengah Pandemi, Green Economy UMKM, Digitalisasi dan Smart Integrated Farming, UMKM Go Global, dan UMKM Berbasis Pondok Pesantren

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jabar Herawanto mengatakan, kegiatan ini memberikan dukungan terhadap peran serta UMKM di Tanah Pasundan untuk terus berkreasi di kala pandemik yang di hilirnya mampu memberi dampak pada perekonomian nasional.

"Meski UMKM sudah sering hadir dalam berbagai ajang dan pemberitaan, tapi kami ingin tetap mendorong pelaku usaha tetap tumbuh dan berkembang, salah satunya melalui pemberitaan di media massa. Maka penting bagi kita untuk terus mengangkat tentang UMKM," ujar Herawanto pada acara PJBI 2021 di Hotel Savoy Homann, Bandung, Selasa (7/12/2021). 

Menurutnya, Jawa Barat memiliki jumlah UMKM terbesar kedua di Indonesia. Dari sektor ini setidaknya ada 22 juta pekerja yang bisa mendapatkan penghasilan. Angka tersebut belum termasuk kebermanfaatan UMKM untuk keluarga para pekerja.

PJBI Jabar 202 merupakan hasil kerja sama antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat dan Forum Diskusi Wartawan Bandung (FDWB), dengan keterlibatan forum wartawan BI Jabar, BInekas.

Sumber : Republika

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA