Selasa 02 Jun 2020 11:30 WIB

Jokowi Tinjau Persiapan Normal Baru di Masjid Istiqlal

Jokowi: Waktu pembukaan Masjid Istiqlal belum diputuskan hingga saat ini..

Rep: Dessy Suciati/ Red: Yogi Ardhi

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kanan), Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar (kiri) dan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Danis Sumadilaga (kedua kiri) meninjau perkembangan renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta, Selasa (2/6/2020). Presiden menyatakan renovasi Masjid Istiqlal sudah mencapai 90 persen (FOTO : Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO)

Presiden Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri), Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar (kedua kanan) dan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Danis Sumadilaga (kanan) meninjau perkembangan renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta, Selasa (2/6/2020). Presiden menyatakan renovasi Masjid Istiqlal sudah mencapai 90 persen (FOTO : Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO)

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kedua kiri), Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar (kanan) dan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Danis Sumadilaga (kiri) meninjau perkembangan renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta, Selasa (2/6/2020). Presiden menyatakan renovasi Masjid Istiqlal sudah mencapai 90 persen (FOTO : Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO)

Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri) dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar (tengah) meninjau perkembangan renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta, Selasa (2/6/2020). Presiden menyatakan renovasi Masjid Istiqlal sudah mencapai 90 persen (FOTO : Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini meninjau kesiapan penerapan prosedur standar new normal di sarana ibadah di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (2/6). Saat peninjauan selama masa PSBB ini, Presiden tampak mengenakan peci hitam, kemeja putih, dan masker berwarna biru.

Ia tampak ditemani oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Jokowi meninjau kesiapan masjid Istiqlal baik di area dalam masjid maupun di area luar masjid sebelum dibuka untuk masyarakat umum.

Seperti diketahui, sebelumnya Menteri Agama telah menerbitkan surat edaran untuk kembali membuka rumah ibadah dengan sejumlah syarat yang telah diatur. Dalam surat edaran pada Sabtu, Kementerian Agama memberikan syarat utama apabila masjid ingin melakukan aktivitas salat jamaah, yakni daerah itu masuk dalam kawasan aman terhadap penularan virus Corona atau Covid-19.

Kendati demikian, Presiden Jokowi menyebut rencana ini belum diputuskan hingga saat ini. Ia mengatakan, keputusan pembukaan Masjid Istiqlal nantinya akan dilakukan oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

“Apakah setelah selesai (renovasi) akan dibuka? Belum kita putuskan. Tetapi tadi saya sudah mendapatkan informasi dari Prof Nasaruddin, bapak Imam Besar Masjid Istiqlal, bahwa direncanakan Masjid Istiqlal akan dibuka nanti pada bulan Juli. Tetapi keputusannya ada nanti di bapak Imam Besar Masjid Istiqlal,” ujar Jokowi.

sumber : Republika, Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement