Kamis 07 May 2020 23:56 WIB

Lintas Ekbis: Bandara Siap Layani Penerbangan Penumpang Lagi

.

Red: Yogi Ardhi

Petugas medis dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Soekarno Hatta melakukan rapid test (tes cepat) COVID-19 calon penumpang repatriasi mahasiswa Indonesia sebelum melakukan penerbangan di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (7/5/2020). Pemerintah melalui kementerian Perhubungan membuka kembali penerbangan domestik dengan penumpang bersyarat seperti pebisnis, penumpang Repatriasi, perjalanan dinas pejabat negara dan tamu negara dengan wajib menyertakan surat keterangan Negatif COVID-19 dari rumah sakit. (FOTO : ANTARA/Muhammad Iqbal)

Buruh tani mengemas jagung manis ke dalam karung saat panen di area persawahan Desa Padangan, Kediri, Jawa Timur, Kamis (7/5/2020). Meskipun hasil panen jagung manis rusak hingga 15 persen akibat serangan hama tikus, petani di daerah itu mengaku masih untung karena harga jagung manis stabil pada kisaran harga Rp3 (FOTO : ANTARA/Prasetia Fauzani)

Pekerja menata aneka sayur mayur yang baru diturunkan dari kendaraan di Pasar Tradisional Manonda, Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (6/5/2020). Meskipun dilakukan pembatasan akses jalur keluar-masuk ke Kota Palu akibat pandemi COVID-19, tapi pemerintah setempat tetap menjaga arus pendistribusian bahan pangan dari daerah penyangga untuk menjamin ketersediaan bahan pangan bagi masyarakat (FOTO : ANTARA/BASRI MARZUKI/)

Penjual menunjukkan kue bingka yang diproduksi di industri rumahan di Jalan Tjilik Riwut, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Kamis (7/5/2020). Kue bingka khas bulan puasa Ramadhan di Kalimantan Tengah tersebut di jual dengan harga Rp30 ribu dan dipasarkan secara daring untuk menjangkau pembeli dari berbagai tempat (FOTO : ANTARA/Makna Zaezar)

Pekerja menurunkan es balok atau es batu kotak untuk dibawa melaut para nelayan di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (7/5/2020). Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan telah memfasilitasi pembangunan sejumlah pabrik es balok di sekitar Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) di seluruh Indonesia untuk memudahkan dan memenuhi kebutuhan para nelayan (FOTO : ANTARA/BASRI MARZUKI)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Operator bandara yakni PT Angkasa Pura (AP) I (Persero) dan PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) siap melayani kembali penerbangan penumpang. Sesuai dengan Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19, seluruh moda transportasi dapat melayani penumpang yang masuk dalam kriteria khusus.

"Dengan surat edaran SE Gugus Tugas dan SE Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub maka kami siap untuk layani penumpang lagi," kata Vice President Corporate Secretary AP I Handy Heryudhitiawan kepada Republika.co.id, Kamis (7/5).

Dengan adanya surat edaran tersebut, Handy memastikan hanya melakukan penyesuaian dengan personel yang ada. Dia menegaskan, pada dasarnya AP I  siap melayani penumpang sesuai SE Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tersebut dengan bekerja sama otoritas bandara, maskapai, dan kepolisian.

sumber : Republika, Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement