Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

In Picture: Pesta Adat Bobby-Kahiyang Digelar Semalam Suntuk

Jumat 24 Nov 2017 22:45 WIB

Rep: Issha Harruma, Septianda Perdana/ Red: Yogi Ardhi Cahyadi

Foto: Septianda Perdana/ANTARA

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Manopot horja atau pesta adat Bobby Nasution-Kahiyang Ayu di Medan digelar di kediaman keluarga Bobby di Bukit Hijau Regency, kompleks Taman Setiabudi Indah, hari ini, Jumat (24/11). Rangkaian prosesi adat telah dimulai dengan penyembelihan kerbau (Manalpokkon lahan ni horja) sekitar pukul 06.20 WIB.

Penyembelihan ini disaksikan oleh para keluarga serta pengetua-pengetua adat yang hadir. Sebelum prosesi, kerbau yang disembeli itu pun terlihat dibaluti dengan selembar kain ulos.

"Dalam adat Mandailing, kelas itu ditunjukkan oleh apa yang dipotong. Landasan acara itu yang paling tinggi tingkatannya kalau yang dipotong kerbau," kata Darmin Nasution sebagai Suhut Kahanggi atau pemilik acara, Jumat (24/11).

Setelah selesai Manalpokkon lahan ni horja, para pengetua adat kemudian memberikan kata sambutan sebagai penutup acara adat pertama tersebut. Acara lalu dilanjutkan dengan Manyantan gordang sambilan dohot gondang atau penabuhan gordang sambilan dan gendang. Acara ini digelar di tenda utama di sebelah rumah Bobby.

Sumber : Republika, Antara Foto

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA