Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

In Picture: Taksi di Tambang Belerang Kawah Ijen

Jumat 11 Jan 2019 12:00 WIB

Rep: M Agung Rajasa/Antara/ Red: Yogi Ardhi

Foto: M Agung Rajasa/Antara

REPUBLIKA.CO.ID, IJEN -- Troli ini merupakan alat angkut menyerupai gerobak yang memiliki dua roda di kanan dan kiri, troli ini digunakan dengan cara mendorong dengan panjang bervariasi, di bagian belakang terdapat dua besi sebagai alat kemudi. Sebagian penambang yang sedang rehat membuka jasa tersebut untuk memudahkan sejumlah pendaki yang kelelelahan mencapai puncak gunung Ijen. 

Tarif taksi pendakian Ijen tidaklah murah, harga yang ditawarkan untuk mendaki dengan troli sekitar Rp800 ribu per orangnya untuk pendaki atau wisatawan domestik sementara untuk pendaki asing dikenakan biaya Rp1,2 juta dikarenakan medan yang menanjak dan dibutuhkan sekitar tiga hingga empat orang untuk menarik taksi tersebut.

Sejumlah penambang belerang mengakui membuka jasa taksi tersebut untuk mencari uang tambahan saat belerang sedikit atau kawasan tambang diliburkan. Bagi para pendaki maupun wisatawan yang ingin tidak terlalu lelah saat menikmati keindahan Blue Fire di kawah Gunung Ijen, keberadaan taksi ini menjadi solusi.

 

 

Sumber : Antara Foto

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA