Wednesday, 13 Rabiul Awwal 1440 / 21 November 2018

Wednesday, 13 Rabiul Awwal 1440 / 21 November 2018

In Picture: Dialektika ICMI: Ekonomi Pasar dan Pemberdayaan Ekonomi Umat

Rabu 11 Jul 2018 22:00 WIB

Rep: Mahmud Muhyidin/ Red: Yogi Ardhi Cahyadi

Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Industri prioritas di Indonesia seharusnya berbasis sumber daya alam dan manusia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN), merekomendasikan empat sektor prioritas sebagai titik fokus industrialisasi Indonesia. Sektor tersebut adalah agrobisnis, maritim, pariwisata, dan industri kreatif.

Dalam acara 'Dialektika ICMI: Ekonomi Pasar dan Pemberdayaan Ekonomi Umat', Ketua KEIN Soetrisno Bachir mengatakan empat sektor tersebut memiliki potensi mendorong pertumbuhan ekonomi lebih cepat dan jika dikembangkan dengan baik Indonesia akan menjadi salah satu negara dengan industri paling besar di dunia.

Soetrisno berpandangan Indonesia sudah seharusnya memiliki titik fokus kepada sektor-sektor industri prioritas yang berbasis kepada 2 kriteria yakni sumber daya alam dan sumber daya manusia Indonesia.

Dari sisi agrobisnis, kata dia, Indonesia sesungguhnya mempunyai sumber daya yang melimpah untuk dikembangkan apalagi sektor ini sudah menyatu dengan masyarakat Indonesia, baik di daerah dan desa-desa.Yang diperlukan pada sektor ini adalah bagaimana sektor ini diindustrialisasikan dan melibatkan masyarakat.

Sumber : Republika

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA