Jumat 09 Sep 2022 14:25 WIB

Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Istana Buckingham Dipenuhi Karangan Bunga

Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis (8/9/2022) dalam usia 96 tahun..

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Mohamad Amin Madani

Pagar Istana Buckingham di pusat kota London, dipenuhi karangan bunga, menyusul pengumuman kematian Ratu Elizabeth II pada Kamis (8/9/2022) waktu setempat. (FOTO : Yui Mok/PA via AP)

Pagar Istana Buckingham di pusat kota London, dipenuhi karangan bunga, menyusul pengumuman kematian Ratu Elizabeth II pada Kamis (8/9/2022) waktu setempat. (FOTO : Yui Mok/PA via AP)

Sejumlah warga berkumpul di luar Istana Buckingham di London, Jumat (9/9/2022), setelah kematian Ratu Elizabeth II dari Inggris diumumkan. (FOTO : AP/Christophe Ena)

Pagar Istana Buckingham di pusat kota London, dipenuhi karangan bunga, menyusul pengumuman kematian Ratu Elizabeth II pada Kamis (8/9/2022) waktu setempat. (FOTO : AP/Christophe Ena)

Puluhan pelayat berkumpul di luar Istana Buckingham menyusul pengumuman kematian Ratu Elizabeth II, di London, pada Kamis (8/9/2022) waktu setempat. (FOTO : James Manning/PA via AP)

Puluhan pelayat berkumpul di luar Istana Buckingham menyusul pengumuman kematian Ratu Elizabeth II, di London, pada Kamis (8/9/2022) waktu setempat. (FOTO : Yui Mok/PA via AP)

inline

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON -- Ratu Elizabeth II menghembuskan nafas terakhirnya pada Kamis (8/9/2022) dalam usia 96 tahun. Istana Buckingham mengatakan, ratu menderita "masalah mobilitas episodik" sejak akhir tahun lalu. Masalah kesehatannya ini memaksa ratu untuk menarik diri dari hampir semua acara publik.

Tugas resmi terakhir ratu berlangsung pada Selasa (6/9/2022), ketika dia bertemu dengan Perdana Menteri Inggris terpilih Liz Truss di Istana Balmoral. Truss resmi menjabat sebagai perdana menteri usai bertemu ratu.

Ratu Elizabeth II lahir pada 21 April 1926 dan naik takhta setelah kematian ayahnya Raja George VI pada 6 Februari 1952. Pada 2015, dia menjadi pemimpin Inggris terlama dalam sejarah, bahkan melebihi pemerintahan nenek buyutnya Ratu Victoria yang duduk di atas takhta selama 63 tahun tujuh bulan.

 

 

sumber :
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement