Rabu 12 May 2021 04:38 WIB

Kota-Kota Islam yang Dihancurkan Pasukan Mongol

Pasukan Mongol telah menyebabkan banyak kehancuran kota-kota Islam.

Foto: republika
Pasukan Mongol (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Kota-Kota Islam yang Dihancurkan Pasukan Mongol

Serangan Jenghis Khan terhadap pusat-pusat peradaban Islam cukup berdampak fatal. Pasukan Mongol, yang didirikan Jenghis Khan telah menyebabkan banyak kehancuran kota-kota, termasuk pusat peradaban Islam. Ada empat kota peradaban Islam yang dihancurkan pasukan Mongol. Republika.co.id melansir Youm7 mencatat  beberapa kota-kota Islam yang diserang pasukan Mongol:

- Bukhara

Maret, merupakan hari peringatan 801 tahun jatuhnya Bukhara. Pengepungan dilakukan selama tiga hari, dan pasukan Mongol mengusir penduduk Bukhara. Mereka mengakhiri pengepungannya dengan membakar kota. Bukhara dijarah dan membakar masjid serta lainnya.

- Samarkand

Setelah menghancurkan Kota Bukhara, mereka berpindah ke kota tetangga, Samarkand. Pada saat itu, kota itu termasuk kota besar Islam, dan salah satu kota Muslim terkaya. Kota tersebut juga memiliki benteng yang tinggi, tetapi pasukan Mongol mampu mengalahkan orang-orang di dalamnya. Mereka membunuh laki-laki, wanita, dan anak-anak yang tak terhitung jumlahnya.

- Baghdad

Pada saat itu, khalifah terakhir Bani Abbas jatuh bersamaan dengan Kota Baghdad pada 14 Safar 656 Hijriyah/1258 Masehi. Satu juta Muslim terbunuh dalam empat puluh hari. Pasukan Mongolia menghancurkan perpustakaan Baghad, membuang buku-buku ke Sungai Tigris, dan airnya menjadi hitam karena bekas tinta. 

- Aleppo

Berdasarkan Ensiklopedia Sejarah Islam Dr Ragheb al-Sirgany, pembantaian mengerikan terhadap pria, wanita, dan anak-anak dimulai di Aleppo, kota itu hancur total. 

Penulis            : Rossy Handayani

Pengolah        : Nashih Nashrullah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement