Sabtu 19 Sep 2020 00:37 WIB

Infografis Ventilasi-Durasi-Jarak (VDJ)

Menjaga diri dengan aturan VDJ harus selalu dilakukan di era pandemi Covid-19.

Foto: Republika
Ventilasi Durasi Jarak

REPUBLIKA.CO.ID, Selama Covid-19 belum juga ditemukan obatnya, upaya menegakkan protokol kesehatan menjadi satu-satunya cara mencegah terinfeksi Covid-19. Faktor VDJ atau ventilasi, durasi, dan jarak adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan.

Ventilasi

Baca Juga

Berada dalam ruangan dengan ventilasi, sangat penting di era Covid-19. Jendela yang terbuka membantu sirkulasi udara sehingga Covid-19 tidak mengendap dalam ruangan.

Jika menggunakan taksi online, buka jendela agar udaranya bisa masuk ke dalam dan sebaliknya. Ketika terpaksa masuk ke ruangan publik minim ventilasi, pastikan masker tetap terpasang.

Durasi

Durasi yang dimaksud adalah waktu seseorang berpotensi terpapar Covid-19. Berada di tempat publik sama dengan membiarkan diri berisiko terinfeksi Covid-19. Batasi durasi ketika di tempat publik, termasuk ketika berinteraksi dengan orang lain.

Jarak

Pembatasan jarak fisik adalah keharusan. Jaga jarak minimal 1,5 meter atau sepanjang rentangan dua tangan saat berada dekat orang lain. Menggunakan baju lengan panjang, mengenakan faceshield, termasuk tidak menyentuh telinga, hidung, dan mata saat di luar rumah sangat penting cegah Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement