Senin 23 Sep 2013 23:46 WIB

Ini Mobil Terbaik Pilihan Wartawan Otomotif

KIA All New Carens
KIA All New Carens

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- MPV All New Kia Carens dinobatkan sebagai mobil terbaik tahun ini pilihan Forum Wartawan Otomotif (Forwot). Carrens mengalahkan empat nomonasi lainnya, All New Toyota Vios, All New Mazda6, Chevrolet Spin, dan Honda Brio Satya.

Penobatan Car of the Year 2013 diumumkan disela Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013, Jakarta, Senin (23/9).

Lima mobil yang nominasi itu merupakan hasil seleksi dari 27 mobil baru yang dipasarkan di Indonesia. Mobil penumpang yang diniagakan PT KIA Mobil Indonesia (KMI) tersebut berhasil memperoleh nilai tertinggi, yakni 125 poin setelah melalui proses penjurian oleh wartawan dari berbagai media massa nasional. 

Nilai tersebut terpaut 11 poin dari posisi kedua dan ketiga yang diisi Toyota Vios dan Mazda6 dengan nilai sama, yaitu 114 poin. Sementara, posisi keempat dan kelima, juga dengan nilai sama, yaitu 111 ditempati Chevrolet Spin dan Honda Brio Satya. 

Ketua Pelaksana FCY 2013, Septian Pamungkas mengatakan, kemenangan Carens telah melalui proses yang panjang. Proses penjurian berdasarkan sikap profesional dan bertanggung jawab dari para awak jurnalis yang membidangi industri otomotif.

"Terpilihnya All New KIA Carens sebagai mobil terbaik versi Forwot merupakan sebuah hasil dari polling dan penilaian ketat yang dilakukan wartawan yang selama ini mengikuti perkembangan industri otomotif nasional mau pun global secara mendalam," jelas Septian.

FCY 2013 merupakan kegiatan pemilihan mobil terbaik yang berbeda dari acara serupa di Tanah Air. Kegiatan independen ini hanya memilih satu mobil terbaik dari semua kategori mobil. Model pemilihan merujuk pada sistem penjurian yang dilakukan Car of the Year Committee atau www.caroftheyear.org. 

Dalam proses penjurian, terdapat 10 kriteria yang manjadi acuan bagi juri. Antara lain, desain, kenyamanan, keselamatan, penghematan bahan bakar, pengendalian, performa, fungsi, ramah lingkungan, dan harga.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement