Jumat 20 Sep 2013 19:13 WIB

Autogas Pasarkan Tabung Anti-Ledak

PT Autogas Indonesia
Foto: Istimewa
PT Autogas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Autogas Indonesia melakukan penyempurnaan untuk tabung penyimpanan gas. Tabung terbaru yang berbahan komposit karbon diklaim antimeledak.

"Untuk tipe ini, kemungkinan untuk meledak bisa berkurang sampai nol persen," kata Direktur PT Autogas Indonesia Thomas Nurhakim di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013, Kamis (19/9).  

Tabung tipe 4 (T4) merupakan hasil pengembangan terakhir yang dihadirkan perusahaan distributor konventer kit bahan bakar gas untuk mobil tersebut. Tabung ini tidak menggunakan bahan besi sehingga tidak akan korosi. Selain itu, karena terbuat dari komposit karbon, bobotnya pun jadi lebih ringan.  

"Untuk tabung berukuran 38 liter, bobotnya paling hanya 10,4 kilogram. Bandingkan dengan tabung besi biasa yang dengan kapasitas yang sama yang bisa mencapai lebih dari 40 kilogram," tambah Thomas.

Ia menjelaskan, penyebab tabung gas meledak karena adanya korosi di bagian dalam. Ini lantaran bahan tabung tidak mampu menahan tekanan gas yang cukup tinggi. Ini yang menjadi keunggulan tabung T4.

"Untuk tabung komposite karbon ini, termasuk konventer kit dan instalasi, kita paketkan seharga Rp 22 juta untuk bahan bakar CNG dan Rp 14 juta untuk bahan bakar Vigas. Tapi, selama pameran IIMS 2013, kita diskon Rp 1 juta," imbuh Thomas.

Autogas Indonesia memberikan garansi tabung komposite karbon yang bisa digunakan untuk tioe dan jenis mobil apa pun ini selama 1 tahun. Garansi ini didukung jaringan service yang tersedia di Karawaci, BSD, Palembang, Surabaya dan akan menyusul kemudian di Bali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement