Ahad 10 Aug 2014 11:45 WIB

8 Alasan Cemburu Itu Baik untuk Pasangan (2-Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Nidia Zuraya
Pasangan suami istri
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Pasangan suami istri

REPUBLIKA.CO.ID, Cemburu adalah jalinan pikiran dan emosi yang dipicu oleh ancaman yang dirasakan oleh pasangan. Cemburu bisa buruk apabila terlalu buta atau menyebabkan seseorang bertindak di luar batas.

Terapis pernikahan dan keluarga, Diane R Gehart phD mengatakan cemburu yang terlalu itu bisa memicu seseorang bertindak agresif. Namun, cemburu yang sewajarnya justru berguna. Nah, berikut adalah beberapa alasan dan manfaat dari cemburu, dilansir dari Good House Keeping.

5. Sumber semangat

Kita semua sering terlalu sibuk di tempat kerja dan akibatnya sering mengulur-ulur waktu untuk pasangan. Kurangnya waktu bersama pasangan bisa membuat pasangan Anda cemburu dan penuh kecurigaan. Nah, cemburunya pasangan bisa menjadi sumber semangat Anda untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat, sehingga bisa pulang ke rumah tepat waktu dan berdua dengan sang istri.

6. Radar masalah

Rasa cemburu bisa jadi menjadi radar atau tanda-tanda peringatan bahwa hubungan Anda terancam sebuah masalah. Ya, Anda bisa menangkap sinyal jika ada yang tidak beres dengan hubungan Anda atau dengan pasangan Anda.

Cemburu yang timbul dari ketidakcocokan mendasar dalam sebuah hubungan bisa membuat salah satu pasangan memperbaiki diri sedari dini. Anda atau pasangan Anda akan menangkap sinyal cemburu satu sama lain sehingga bisa menanggapinya dengan berbicara dari hati ke hati untuk memperbaikinya.

7. Penyegar hubungan

Psikolog dan penulis buku Better Than Perfect: 7 Strategies to Crush Your Inner Critic and Create a Life You Love, Dr Elizabth Lombardo mencontohkan, ada kliennya yang cemburu justru kepada anak-anaknya. Sebab, sang suami terlalu banyak memberi perhatian pada anaknya dan lupa akan istrinya.

Nah, cemburu ini bisa menjadi penyegar hubungan dimana Anda bisa menyegarkan kembali hubungan dengan pasangan Anda. Misalnya, Anda kembali rutin memberikan mereka pelukan mesra dan ciuman di pagi hari.

8. Karunia

Cemburu itu ada di hati yang juga sifat alami manusia dan juga karunia Sang Pencipta. Jika pasangan Anda mengatakan, "Tidak ada yang perlu dicemburui. Kau adalah segalanya bagiku," maka itu biasanya tak bertahan selamanya. Sebab, rasa cemburu itu akan datang sekali dua kali dalam hubungan Anda. Cemburu itu bisa menjadi pemanis dalam sebuah hubungan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement