Jumat 06 Jun 2014 07:10 WIB

Percaya Tidak, Tujuh Hal Ini Bisa Redakan Jerawat

Lemon (ilustrasi)
Foto: En.wikipedia.org
Lemon (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Anda berjerawat? Sebelum mencoba obat-obatan mahal dan belum tentu cocok, bagaimana kalau Anda mencoba beberapa jenis 'obat' yang biasa ada di rumah kita? Mari kita lihat, apa saja resep yang disarankan laman All Women Stalk ini. 

1. Aspirin

Ya, Anda tidak salah membaca. Ini adalah aspirin yang biasa dipakai sebgai obat pereda sakit. Menurut laman All Women Stalk, aspirin berjasa mengempiskan dan mengurangi kemerahan pada jerawat. Haluskan saja tablet aspirin, lalu beri beberapa tetes air dan aduk. Oleskan campuran yang mirip krim kasar ini pada jerawat, tunggu hingga kering sebelum dibilas dengan air bersih.

2. Garam

Campur garam degan beberapa tetes air lalu oleskan ke bagian yang berjerawat. Namun, jangan sampai dioles terlalu banyak ya... Pasalnya, garam bisa mengeringkan kulit, lalu malah memicu kulit memproduksi minyak secara berlebih. Hasilnya, pori-pori tersumbat dan menimbulkan jerawat baru. Oya, olesan garam ini tidak disarankan untuk jerawat dengan luka terbuka. 

3. Obat kumur orginal

Gunakan obat kumur yang tidak memilik perasa apa pun, alias original. Biasanya obat kumur mengandung alkohol yang daoat membunuh kuman, sehingga fungsinya seperti pembersih wajah. Namun, penggunaan obat kumur untuk jerawat ini sesekali saja, jangan setiap hari.

4. Perasan jeruk lemon

Perasan jeruk lemon ternyata tidak saja membunuh bakteri, namun juga menjadi pemutih alami. Konon perasan ini bisa menyamarkan bekas jerawat. Tetapi, gunakan dengan hati-hati, jangan sampai membuat warna kulit terlihat tidak merata.

5. Es

Es hanyalah bersifat pereda sementara. Es bisa membantu mengurangi jerawat yang kemerahan dan bengkak dalam waktu cepat. Hati-hati, menempelkan es terlalu lama bisa menyebabkan freezer burn

6. Obat tetes mata

Efek penggunaan obat tetes mata ini memang hanya bertahan beberapa jam saja. Namun, pada beberapa orang obat jni berhasil mengurangi kemerahan pada jerawat sehingga jerawat pun terlihat mengecil. 

7. Jahe

Jahe dikenal memiliki zat aktif anti radang, sehingga masuk akal juga jika Anda menggunakannya pada jerawat yang sedang meradang. Parut jahe, lalu tempelkan secukupnya pada jerawat. Tertarik mencoba?

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement