Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Sayur yang Bermanfaat untuk Kecantikan (2-Habis)

Ahad 20 Apr 2014 14:00 WIB

Red: Indira Rezkisari

Paprika

Paprika

Foto: Darmawan/Republika

REPUBLIKA>CO>ID, Mencari cara untuk meningkatkan penampilan tanpa harus mengeluarkan uang banyak demi membeli produk perawatan atau bahkan prosedur tertentu?

Kenyataannya, rahasia memiliki kulit indah tak selalu harus datang dari benda mahal. Anda hanya cukup perlu lebih perhatian terhadap apa yang dimakan. Kesehatan dan kecantikan pasalnya datang bersamaan.

Artinya, seperti dikutip dari lifespan, dengan menjaga kesehatan Anda sedang melakukan cara meningkatkan kecantikan.

Beberapa sayur memang dikenal memiliki dampak baik bagi kulit. Dengan menyantap sayur-sayur ini, Anda akan memperhatikan perbaikan kulit, mata yang lebih bersinar, dan tubuh yang lebih terasa fit.

5. Terung
Sayuran berwarna ungu ini sangat penting bagi tampilan kulit yang berkilau dan halus. Terung bahkan mengandung komponen anti-penuaan bernama nasunin, yang membuat terung berwarna ungu tua. Nasunin juga berguna mencegah penyebaran kanker karena menurunkan pasokan darah yang dibutuhkan sel kanker berkembang biak.

Nasunin tidak hanya berguna melawan kanker, tapi juga memberi manfaat bagi fungsi kognitif. Menurut penelitian, nasunin mencegah radikal bebas masuk ke otak dan merusak saraf yang bisa meningkatkan perkembangan penyakit alzheimer.

6. Basil
Wangi dan aromatik, basil adalah bahan wajib dalam banyak menu pasta dan masakan Asia. Rempah ini kaya kandungan antioksidan terutama eugenol, yang manfaat medisnya tak hanya memperbaiki kualitas kesehatan tapi juga kulit.

Eugenol, komponen utama basil, membantu mencegah kanker serviks. Caranya lewat pencegahan pelipatgandaan sel kanker,

7. Brussel Sprouts
Brussel sprouts kaya komponen sulfur yang mencegah perkembangan tumor dengan memblok enzim tertentu yang memicu pertumbuhan abnormal dalam tubuh. Berdasarkan studi ilmiah, memakan brussel sprout bisa memberi pasokan harian sulfur. Mengakibatkan tubuh terminimalisir dari risiko infeksi, peradangan, dan rheumatoid arthritis

8. Paprika merah
Kaya dengan kandungan vitamin C membuat paprika merah penting dalam meningkatkan pertumbuhan sel darah putih. Seperti diketahui sel darah putih berguna membatasi bakteri dan kuman masuk tubuh.

Dengan asupan paprika merah yang cukup, Anda bisa meningkatkan imunitas tubuh dan membuat diri tak mudah terserang infeksi. Lebih lanjut, paprika merah dikaitkan dengan kulit bebas kerut karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi tersebut. Yang juga membantu menstimulasi produksi kolagen yang menjadi kunci kulit awet muda.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA