Rabu 05 Feb 2014 11:03 WIB

Tips Gampang Merawat Kain Mahal

Rep: Indira Rezkisari/ Red: Endah Hapsari
Kain batik
Foto: Tahta/Republika
Kain batik

REPUBLIKA.CO.ID, Selain mahal, punya sehelai batik buatan tangan juga berarti harus mau repot untuk merawatnya. Bila malas untuk mencuci yang ekstra hati-hati, ada cara mudah agar kain mahal Anda lebih awet.

Era Soekamto, perancang busana sekaligus Direktur Kreatif PT Iwan Tirta, mengatakan umumnya busana dari kain batik berkualitas sebatas dibersihkan dengan bantuan jasa binatu lewat teknik dry clean. ''Saran kami mencucinya secara itu,'' ujar Era.

Busana seperti yang dikeluarkan Iwan Tirta menurut Era tidak bisa dibersihkan sembarangan. Proses kimia dalam pencucian yang tidak tepat akan merusak warna dan kain. Baru teknik dry clean, sambung Era, yang cukup ramah pada warna dan kain batik berkualitas tinggi.

Penggunaan lerak atau biji untuk mencuci batik secara tradisional juga tak semuanya direkomendasikan. ''Beberapa lerak justru terlalu berbusa,'' kata dia. Mencuci dengan lerak padahal sederhana. Kain cukup direndam dalam air yang sudah diberi biji lerak.

Bagi kolektor kain batik, Era juga menyarankan rajin mengangin-anginkan kainnya. Lalu disambung dengan memberikan ratus atau wangi-wangian tradisional Jawa yang diberi secara diuap ke kain. Setelah itu gulung kain dengan pipa pralon dan simpan. Setidaknya angin-anginkan kain dua bulan sekali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement