Jumat 06 Sep 2013 11:04 WIB

Pensiun dengan Bahagia, Ini Caranya

Memulai bisnis sendiri untuk persiapan pensiun dini/ilustrasi
Foto: ehow.com
Memulai bisnis sendiri untuk persiapan pensiun dini/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Menyiapkan dana pensiun tergolong unik karena sifatnya yang cukup panjang. Ketika pensiun di usia 55 tahun, artinya dana yang harus dipersiapkan adalah untuk 25 tahun bila kira-kira akan hidup hingga usia 80 tahun. Menurut perencana keuangan independen Ligwina Hananto, bila asumsi periode pensiun adalah 25 tahun maka yang harus dilakukan adalah melakukan investasi agar menghasilkan ‘gaji’ selama periode 25 tahun.

Dana pensiun disiapkan dengan memperhitungkan biaya hidup di masa pensiun. Yang disebut dana pensiun itu sendiri adalah sejumlah uang yang diinvestasikan lalu dapat menghasilkan sebesar biaya hidup di masa pensiun. Biaya hidup di masa pensiun ini pun bertambah setiap tahunnya sesuai inflasi.

Rumus menghitung dana pensiun memang rumit. Untuk dapat menentukan besaran dana pensiun perhitungannya mencakup asumsi biaya hidup saat ini, expense ratio atau rasio perbandingan biaya hidup saat ini dengan di masa pensiun, besar inflasi, net investment atau selisih asumsi dana pensiun yang diinvestasikan dengan besaran inflasi di masa depan, hasil investasi rata-rata, usia saat ini, usia pensiun, dan harapan hidup. Besar dana pensiun kemudian berbeda-beda antara tiap invidu.

Ligwina pun membagi tips pensiun dengan bahagia. Katanya, jangan biasakan tergantung pada satu pintu penghasilan. Jadi, kalau suami bekerja, istri sebaiknya bekerja juga. Karena, banyak keluarga kebingungan saat sang ayah pensiun dan tidak memiliki penghasilan apa-apa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement