Kamis 30 May 2013 12:14 WIB

Sayangi Mata Anda dengan Cara Ini

Mata sehat dan indah
Foto: illinois-liver.org
Mata sehat dan indah

REPUBLIKA.CO.ID, Mata memiliki fungsi yang sangat vital bagi setiap orang. Maka, bila ada gangguan sekecil apa pun akibatnya pandangan atau penglihatan bisa tidak stabil. Agar mata selalu sehat dan terhindar dari kotoran (debu, pasir), terpaan angin (udara), serta radiasi akibat terlalu lama membaca buku, menonton TV, bekerja lama di depan komputer serta games, maka perhatikan tips berikut seperti disampaikan oleh dr Lumongga Simangunsong SpM (K) dari RS Mata Aini Jakarta, dan dr Ida Ayu Ari Padmi SpM dari RS Pelni.

1. Pasang kaca screen pada komputer. Bagi Anda yang banyak beraktivitas di depan komputer, pasang kaca screen. Ini juga berlaku bila Anda menyaksikan televisi maupun bermain game. Lensa ini cukup efektif untuk menurunkan tingkat radiasi dan tidak menyebabkan pedih di mata sehingga walaupun agak lama berada di depan komputer atau TV, mata tidak perih.

2. Gunakan kacamata berwarna agak gelap. Jika tidak memiliki kaca screen, sebaiknya gunakan kaca mata berwarna agak gelap untuk membantu mencegah mata perih. Bagi yang bekerja di luar ruangan, khususnya saat bekerja di daerah yang berpasir atau berdebu, naik sepeda motor, pakailah kacamata. Ini agar mata tidak kemasukan debu atau terkena terpaan angin.

3. Sesuaikan pencahayaan dalam ruangan. Mata bisa menjadi perih karena pengaruh ketidakseimbangan cahaya di dalam ruangan. Karena itu, aturlah pencahayaan dalam ruangan yang sesuai dengan kemampuan pandangan mata. Pencahayaan yang terlalu gelap atau terlalu terang juga menyebabkan efek yang kurang baik bagi mata, di antaranya mata merah atau perih.

4. Hindari debu. Bila dianggap tidak perlu, hindarilah daerah yang banyak debu atau pasir.

5. Jangan dikucek atau diobati. Bila mengalami gangguan mata karena debu atau radiasi dari komputer, TV maupun kelamaan membaca, jangan langsung dikucek atau diberi obat tetes mata. Apabila mata dikucek, dikhawatirkan akan menyebabkan debu atau bekas terpaan angin maupun radiasi akan membuat maka makin perih, atau debu yang masuk mengenai kornea mata.

6. Guyur dengan air. Bila memang ada gangguan pada mata atau terasa perih, guyurlah mata dengan menggunakan air bersih secukupnya hingga terasa nyaman. Bila perih karena radiasi atau zat kimia, guyurlah dengan air sedikitnya 2-4 liter.

7. Hubungi dokter. Bila belum sembuh, segera bawa ke dokter untuk diberikan pertolongan.

8. Perbanyak mengonsumsi buah-buahan atau sayuran yang banyak mengandung vitamin A, seperti wortel. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement