Rabu 16 Apr 2014 09:52 WIB

Bersiap-siap Saat Suami Terkena PHK (2-Habis)

Rep: Desy Susilawati, Qommarria Rostanti/ Red: Indira Rezkisari
Ketika suami tiba-tiba kena PHK, istri perlu kreatif dan memanfaatkan bakatnya untuk mendapatkan penghasilan tambahan.
Foto: Prayogi/Republika
Ketika suami tiba-tiba kena PHK, istri perlu kreatif dan memanfaatkan bakatnya untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

REPUBLIKA.CO.ID, Jika problem PHK telanjur terjadi di saat Anda dan suami belum menyiapkan dana darurat, maka hal yang dapat dilakukan adalah memperkecil pengeluaran dan memperbesar penghasilan Anda.

Di saat suami sedang 'mandul' penghasilan, Anda bisa membantu menapaki kondisi keuangan keluarga dengan menginventarisir keahlian, bakat dan keterampilan lain yang Anda miliki.

Hal tersebut bukan tidak mungkin bisa dikonversikan menjadi ide yang menghasilkan uang. Misalnya jika Anda bisa menjahit, cobalah menerima pesanan jahitan. Atau jika Anda piawai memasak, bukalah jasa pembuatan kue yang dibuat berdasarkan pesanan (made by order).

Langkah-langkah tersebut diharapkan mampu menjadi jalan keluar Anda dan suami ketika dihadapkan pada problematika PHK.

Hal lain yang tidak kalah penting di luar persoalan keuangan, sebaiknya para istri jangan panik berlebihan menghadapi PHK suami karena dikhawatirkan justru akan memperkeruh kondisi yang ada.

Terus berikanlah dukungan mental pada suami dan jangan justru memojokkannya. Pasalnya kondisi psikologis suami sudah cukup tertekan akibat PHK yang dialaminya.

Jangan sampai Anda menambah beban pikirannya karena justru bisa-bisa suami malah kehilangan semangat mencari pekerjaan baru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement