Jumat 10 Jan 2014 11:17 WIB

Mau Tidur Lebih Nyenyak? Santap Buah Ini

Rep: mgrol22/ Red: Endah Hapsari
Kiwi
Foto: .
Kiwi

REPUBLIKA.CO.ID, Buah yang rasanya asam ini sarat akan vitamin C di dalamnya. Kiwi juga memiliki sifat antioksidan yang kuat yang membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan perlindungan dan perbaikan sel. 

Tak berhenti sampai di situ, kiwi tinggi akan serat dan kaya kalium yang dapat membantu kesehatan jantung dan fungsi pernapasan. Dengan semua manfaat ini, sangat wajar jika kiwi menjadi salah satu makanan super (superfood).

Dilansir dari Huffingtonpost, sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa mengonsumsi buah kiwi memiliki manfaat yang signifikan untuk tidur. Para peneliti di Taiwan Taipei Medical University tersebut mempelajari efek mengonsumsi kiwi pada tidur. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa mengonsumsi kiwi setiap hari dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur, seperti lebih mudah tertidur, tidur lebih nyenyak, dan jumlah waktu tidur juga lebih meningkat.

Kurang tidur dikaitkan dengan penurunan kadar antioksidan dalam tubuh. Jadi dengan mengonmsi kiwi yang tinggi akan antioksidan dapat membantu untuk meningkatkan kualitas tidur dan manfaat kesehatan lainnya. 

Selain itu kiwi juga tinggi akan serotonin. Sebuah hormon yang juga berfungsi sebagai pemancar syaraf. Serotonin juga penting dalam tidur. Serotonin dalam tubuh memberikan kontribusi untuk beberapa aspek dari tidur, termasuk membantu untuk memulai timbulnya kantuk, mempertahankan tidur pada malam hari dan  merangsang terjaga di pagi hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement