Rabu 13 Mar 2013 11:43 WIB

Ini Dia Segudang Manfaat Garam untuk Bersihkan Rumah

Rep: Nina Chairani/ Red: Endah Hapsari
Garam untuk bersihkan rumah/ilustrasi
Foto: pillsbury.com
Garam untuk bersihkan rumah/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Garam membuat cita rasa makanan menjadi sempurna. Ia juga bisa membantu saat kita kepepet menghadapi masalah-masalah kecil di rumah. Berikut beberapa manfaat garam yang menurut pengalaman banyak orang dalam kehidupan sehari-hari: 

 

* Untuk membersihkan kuningan. Campur garam tepung, garam, dan cuka dalam porsi sama banyak untuk membuat pasta. Gosokkan pasta pada benda-benda yang terbuat dari kuningan. Tinggalkan selama sekitar satu jam. Kemudian bersihkan dengan kain lembut atau jiwa. Dan, gosok mengkilap dengan kain kering. 

* Membersihkan noda pada peralatan perak. Gosok bagian yang bernoda dengan garam. Kemudian, cuci bersih. 

* Membersihkan noda pada permukaan tembaga. Bubuhi garam pada permukaan tembaga yang ingin dibersihkan. Gosok dengan kain yang sudah direndam lebih dahulu pada larutan cuka. 

* Membersihkan talenan. Setelah mencuci talenan dengan air dan sabun, gosokkan talenan dengan kain basah yang sebelumnya direndam dengan air garam. Berdasarkan pengalaman orang yang selalu melakukannya, bila cara ini selalu dilakukan akan membuat papan talenan semakin bersih bersinar. 

* Mencerahkan warna kain. Agar warnanya cerah, tirai yang memudar bisa dicuci dalam larutan garam. Caranya, gosok tirai cepat-cepat dengan kain yang telah dicelupkan dalam larutan garam kental dan peraslah. 

* Membersihkan noda kekuningan pada seprai. Rebuslah kain dengan noda kekuningan itu selama satu jam dalam air yang sudah diberi larutan garam dan soda kue. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement