Senin 28 Apr 2014 08:34 WIB

Bagaimana Cara Jadi Pasangan Hidup Terbaik?

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Fernan Rahadi
Pasangan suami istri
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Pasangan suami istri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah hubungan kadang menjadi rumit dan sulit ditangani karena isu-isu berbeda yang muncul. Salah satunya adalah perubahan mentalitas seseorang sebelum dan sesudah menikah misalnya. Ketika berpacaran, pasangan selalu mengatakan "bagaimana saya bisa membuat pasangan saya senang selalu," namun itu serta merta diabaikan ketika sudah menikah.

Kurangnya minat satu sama lain akhirnya mengarah pada sikap dimana masing-masing individu asyik dengan segala urusannya sendiri dan dilakukan secara mandiri. Situasi ini sebetulnya bisa dihindari ketika pasangan tinggal bersama dan selalu merasa seolah setiap hari adalah hari pertama mereka jatuh cinta satu sama lain. Berikut adalah lima tips menjadi pasangan terbaik, dilansir dari Easy God Health, Senin (28/4).

1. Kenali pasangan

Cobalah kenali segala hal yang berkaitan dengan suami atau istri Anda, buatlah mereka merasa diakui dan dicintai pada saat yang sama. Coba mencari tahu tentang musik favorit mereka, buku apa yang sedang dia baca, film apa yang ingin ditontonnya, dan banyak lagi. Hal ini akan membangkitkan rasa cinta dan pengakuan dalam hubungan suami istri. Suami akan lebih peduli pada istri dan keluarga mereka.

2. Bicarakan keuangan secara terbuka

Masalah keuangan adalah salah satu penyebab utama perceraian di antara pasangan. Cobalah menjadi berbeda dan tetap terbuka dengan pasangan tentang penghasilan Anda, pengeluaran, investasi, serta tabungan. Duduklah satu meja dengan pasangan dan bicarakan masalah keuangan ini secara berkala. Ini akan melibatkan pertukaran ide dan membuat pasangan Anda merasa bagaikan satu tim dengan Anda.

3. Komunikasi yang variatif

Setelah menikah, banyak orang cenderung lupa bahwa pasangan mereka masih perlu diberikan pujian manis dan pesan singkat yang indah. Cobalah untuk menjadi kreatif dan menemukan berbagai cara nan variatif untuk berkomunikasi dengan pasangan Anda. Misalnya, rutin mengucapkan selamat makan siang pada pasangan Anda, memberitahukan mereka betapa indahnya malam dan seterusnya. Hal ini akan membangkitkan perasaaan romantis antara Anda berdua, seperti hari pertama Anda bertemu.

4. Saling memuji

Beritahu istri Anda betapa cantiknya dia di depan orang lain, terutama di depan wanita lain. Hal ini akan menciptakan rasa aman dan membuatnya merasa dihargai. Jika Anda seorang wanita, maka Anda bisa memberitahukan pria Anda betapa tampannya dia, terutama dalam hal-hal seks. Ini akan mengarah pada nikmatnya pernikahan.

5. Jadikan dia prioritas

Setelah pernikahan berlangsung, banyak tanggung jawab datang. Hal ini dapat menyebabkan pasangan Anda ikut sibuk juga. Anda harus meluangkan waktu untuk menunaikan kewajiban Anda terhadap pasangan Anda. Berduaan untuk menjalani hobi yang sama atau sekadar bersantai di restoran akan baik untuk Anda dan pasangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement