Kamis 12 Jun 2014 06:41 WIB

Bayi Anda Suka Kentut? Perhatikan Tips Ini

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Citra Listya Rini
Bayi kembar (ilustrasi)
Foto: hollywoodlife.com
Bayi kembar (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda kebingungan karena bayi Anda terlampau sering kentut dan bau? Ada sejumlah hal yang perlu dilakukan orang tua, khususnya ibu untuk mengatasi masalah tersebut, dilansir dari Easy Good Health, Kamis (12/6).

Pertama, jika Anda adalah ibu menyusui, maka telisik lagi makanan yang Anda masukkan dalam diet Anda selama menyusui yang bisa berkontribusi meningkatnya kandungan gas di perut bayi Anda sehingga mereka lebih sering kentut dari  biasanya.

Kedua, jika bayi Anda diberikan susu formula, maka untuk mengurangi gas di dalam perut bayi, berikan jarak antara bayi minum susu dengan bayi mengonsumsi makanan lain.

Ketiga, gunakan vent alias botol susu bayi yang sedikit berlekuk atau miring. Ini akan membantu mengurangi udara yang tertelan sewaktu bayi meminum susu dari botolnya. Ini juga akan mengurangi risiko bayi sering bersendawa.

Keempat, ibu bisa menggunakan gas drops yang aman untuk membuang gas yang terlampau banyak berada di dalam perut bayi. Namun, peru diingat bahwa sering kali gas drops ini kurang efektif dan harganya juga mahal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement