Selasa 27 May 2014 08:13 WIB

5 Kesalahan Orang Tua Menidurkan Bayi (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Bayi yang umurnya kurang dari tiga bulan tidak bisa diharapkan tidur di jam yang teratur.
Foto: Reuters
Bayi yang umurnya kurang dari tiga bulan tidak bisa diharapkan tidur di jam yang teratur.

REPUBLIKA.CO.ID, ROLers, Anda harus memastikan punya pendekatan tepat untuk menidurkan bayi Anda hingga lelap. Bayi seringkali terbangun tengah malam dan menganggu jam istirahat Anda.

Bayi Anda ingin makan, menyusu, bersendawa, atau ingin dipeluk dan ditenangkan oleh ibunya. Sayangnya, Anda tidak mungkin menuruti semua kemauan si kecil sepanjang malam.

Oleh sebabnya, ada beberapa hal yang perlu orang tua sadari yaitu faktor-faktor yang membuat bayi susah tertidur lelap di malam hari, dilansir dari Mother and Baby, Selasa (27/5).

1. Menidurkan bayi terlalu cepat

Orang tua cenderung menidurkan bayi terlalu cepat, namun si kecil tidak juga kunjung mengantuk. Mengapa? itu sebab bayi berusia kurang dari 12 pekan belum bisa membedakan antara siang dan malam. Bahkan, hormon yang mengontrol pola tidur dan bangun baru bisa disadari bayi ketika mereka usia tiga bulan.

Jika bayi Anda masih berusia kurang dari tiga bulan, maka tak ada gunanya mengharapkan mereka tidur dijam teratur. Pada usia itu, bayi hanya mengikuti kebutuhan istirahatnya sendiri.

Penulis BabyCalm, Sarah Ockwell Smith mengatakan 60 persen bayi bahkan masih sering terbangun di siang hari ketika mereka sudah berusia sembilan bulan. Bayi usia ini juga masih memiliki perut yang kecil sehingga tidak bisa menahan banyak susu. Mereka hanya ingin makan ketika lapar atau bangun tidur. Setelah 16 pekan biasanya bayi Anda akan terbiasa tidur sendiri.

2. Terlalu banyak sensasi di kamar bayi

Bayi di bawah usia 12 bulan masih dalam tahap menyesuaikan diri untuk mengenal lingkungan sekitar kamarnya. Sayangnya, Anda sebagai orang tua kadang terlalu sering menyediakan sensasi berbeda di kamar bayi Anda. Misalnya, pewangi ruangan, suara, hingga berbagai jenis mainan yang membuat bayi Anda perlu menyesuaikan diri lebih banyak.

Terlalu banyak sensasi di kamar bayi Anda membuat otak bayi terlalu dirangsang sehingga mereka merasa stress dan lelah. Ketika ini terjadi maka bayi Anda semakin sulit untuk tertidur sebab dia marah.

Penulis 'Helping Your Baby To Sleep,' Siobhan Mulholland mengatakan bayi yang usianya kurang dari satu tahun biasanya lebih suka suasana yang membosankan, monoton, namun tetap akrab.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement