Senin 26 May 2014 06:58 WIB

5 Cara Agar Bayi Anda Tidur Lelap Dimalam Hari

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Citra Listya Rini
Bayi merangkak
Foto: blogspot.com
Bayi merangkak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam dunia nyata, bayi Anda terbiasa tidur sepanjang malam dengan sedikit atau tanpa gangguan. Namun, ada banyak juga bayi-bayi yang susah tidur dimalam hari sehingga sebagai orang tua, Anda mungkin membutuhkan.

ROLers, berikut adalah lima cara terbaik agar bayi Anda tidur lelap dimalam hari, dilansir dari Mother and Baby, Senin (26/5).

1. Mandi

Supaya bayi Anda tidur dengan lelap, maka rutinlah memandikannya pada jam yang sama setiap hari. Pendiri Child Sleep Work, Maryanne Taylor mengatakan setelah memandikan bayi Anda, maka berikan bayi Anda pakaian tidur yang nyaman.

2. Ruang tidur nyaman

Setelah mandi, bawalah bayi Anda ke ruangan yang bisa mendukungnya nyenyak tertidur. Anda harus menciptakan suasana tenang. Lampu dim akan mendiring produksi hormon melatonin sehingga membantu bayi Anda gampang mengantuk dan tertidur lebih mudah.

3. Tenangkan

Anda mungkin menemukan cara khusus untuk menenangkan bayi Anda di kamar. Jika bayi Anda suka dinyanyikan, maka cobalah bernyanyi. Jika mereka suka dipijat, maka pijatlah dia.

4. Makan 

Setelah bayi Anda diam di kamarnya, saatnya untuk mencoba membuat dia mengantuk dengan cara yang unik, yaitu memberinya makan sebelum tidur. Beri dia makanan sampai kenyang dan kelompak matanya menunjukkan bahwa dia mengantuk, kemudian baringkan dia.

5. Dongeng

Perkenalkan dongeng sebelum tidur untuk bayi Anda. Ini adalah satu hal yang bisa membuat bayi Anda cepat terlelap. Jika bisa, maka berilah nada yang unik pada tokoh-tokoh cerita dongeng Anda. Misalnya, Anda menirukan suara nenek tua atau penyihir yang menakutkan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement