Rabu 29 Jan 2014 15:08 WIB

Agar Bayi Cepat Tidur Pulas

Rep: Desy Susilawati/ Red: Endah Hapsari
Ibu dan bayi tidur bersama/ilustrasi
Foto: essentialbaby.com.au
Ibu dan bayi tidur bersama/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Mandi air hangat, pijatan lembut, dan kegiatan waktu tenang menjelang tidur dapat membuat bayi lebih pulas. Air hangat terbukti membantu bayi rileks dan pulih dari kelelahannya. Dilanjutkan dengan pijatan lembut, bayi akan merasa lebih tenang dan bertambah dekat dengan pengasuhnya. “Setelah mengeringkan tubuh bayi, tuangkan sedikit baby oil ataupun pelembab ke telapak tangan dan mulailah memijatnya dengan lembut,” tutur Prof Jodi A Mindell selaku associate director Sleep Center, The Children’s Hospital of Philadelphia, Amerika Serikat.

Mengusap, mengurut, atau memijat akan merangsang taktil kinestetik, komunikasi verbal, dan menjalin kasih sayang antara bayi dengan pengasuhnya. Mulailah dengan pijatan ringan dan perlahan, lalu tingkatkan tekanan saat bayi terlihat nyaman. Mengingat pentingnya manfaat pijat bayi, stimulasi ini sebaiknya dilakukan orang tua bayi. “Ayah dan ibu sebaiknya mendapatkan pelatihan keterampilan stimulai pijat bayi,” saran dr Rini Sekartini SpA(K) dari Divisi Tumbuh Kembang-Pediatri Sosial Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Durasi pijat bayi cukup 15 menit. Ayah dan ibu dapat melakukannya dua sampai tiga kali sehari sebagai suatu rutinitas. “Jika bayi tidur pukul 20.00 WIB maka pijatlah pada pukul 19.00 WIB,” kata Rini memberikan panduan. Sebagai penutup hari, buatlah suasana rileks dengan menikmati waktu tenang bersama bayi. Pelankan volume suara Anda, nyanyikan lagu tidur, atau bacakan cerita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement