Rabu 13 Nov 2013 15:04 WIB

Trik Mata Cantik Tanpa Operasi

Make up agar mata lebih besar/ilustrasi
Foto: spohszine.com
Make up agar mata lebih besar/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Setiap orang tentu mendambakan mata yang indah dan senantiasa berbinar. Namun, seiring bertambahnya usia, mulai muncul masalah di sekitar mata. Kelopak mata misalnya, mengendur. Kantung mata pun mulai turun. Alhasil, mata tampak kurang cantik. Bagaimana mengatasinya? Untuk menutupi kekurangan tersebut, beberapa wanita mengandalkan riasan di sekitar mata. Mereka memakai eyeliner, maskara, eye shadow atau bulu mata yang tebal agar kerutan tersamarkan. Sejatinya, munculnya kantung mata dan kerutan di sekitar mata merupakan proses alamiah yang sulit dihindari.

''Tapi jika dilakukan perawatan sejak dini, kekurangan tersebut dapat diminimalisasi. Jadi, sebelum terlambat, lakukanlah perawatan di sekitar mata,'' kata spesialis bedah plastik, dr Irena Sakura Rini MARS, SpBP. 

Menurut Sakura, ada beberapa faktor yang menyebabkan munculnya kantung mata, antara lain gaya hidup yang kurang sehat, dan mata terlalu lelah akibat banyak membaca atau terlalu lama bekerja di depan komputer. Nah, untuk menghindari kelelahan pada mata, luangkan waktu untuk mengistirahatkan mata. Jika Anda biasa bekerja di depan komputer, istirahatlah setiap dua atau tiga jam. 

Makanan dan minuman yang dikonsumsi pun harus diperhatikan. Minumlah setidaknya delapan gelas air putih setiap hari agar kadar air di dalam tubuh selalu terjaga. Jangan lupa, konsumsilah buah-buahan, terutama yang berwarna cerah. Lalu, jaga kebersihan kulit dan rajin berolahraga. ''Tak kalah pentingnya, bisa menerima segala sesuatu dengan tulus dan ikhlas agar terhindar dari stres. Sebab, bila sampai stres akan berpengaruh terhadap kulit,'' papar Sakura dalam sebuah acara bincang-bincang di Jakarta, belum lama ini.

Jika dilakukan secara teratur, langkah-langkah di atas dalam menghambat proses penuaan di sekitar mata. Bagaimana dengan operasi plastik, apakah disarankan? Menutup masalah di sekitar mata dengan operasi plastik, menurut Sakura, hanya dianjurkan bagi mereka yang berusia di atas 45 tahun di mana kantung mata sudah turun. ''Ciri paling jelas, ketika berdandan eyeliner mulai menabrak kelopak mata. Tapi untuk wanita yang muda, tidak perlu operasi kelopak mata dulu, karena kulitnya masih fresh,'' papar dokter yang praktik di Rumah Sakit Kanker Dharmais, Jakarta ini. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement