Senin 09 Sep 2013 15:38 WIB

Ini Dia Makanan untuk Mata Sehat

Mata sehat dan indah
Foto: illinois-liver.org
Mata sehat dan indah

REPUBLIKA.CO.ID, Mata yang sehat dan normal adalah dambaan setiap orang.Keinginan ini sangat wajar karena mata adalah organ tubuh yang memiliki fungsi yang sangat vital. Namun tidak setiap orang mampu menjaga matanya agar tetap sehat dan berfungsi optimal. Banyak faktor yang menyebabkan mata mengalami gangguan, baik karena kondisi lingkungan, kebiasaan (habit) maupun pekerjaan.

Tapi sesungguhnya, menjaga mata sehat bukanlah hal yang sulit. Jika memiliki kesadaran, setiap orang tentulah bisa menjaga matanya agar tetap sehat. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi untuk pemeliharaan kesehatan mata.Misalnya vitamin A yang terkandung dalam minyak ikan, hati, wortel dan kentang manis. Juga lutein dan zeaxanthin yang banyak terkandung dalam sayuran berwarna hijau.

Vitamin C yang banyak terdapat dalam sayuran hijau, stroberi, brokoli, jeruk dan semangka. Bioflavonoid yang banyak ditemukan pada buah-buahan yang mengandung sitrus. Juga terdapat pada ceri, anggur serta plum. Penunjang kesehatan mata lainnya adalah vitamin E yang terkandung dalam kacang brasil dan makanan laut, asam lemak yang banyak ditemukan pada ikan solomon, makerel dan ikan tawar, serta zinc yang terkandung dalam tiram, gandum dan kacang-kacangan.

Selain mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi untuk mata seperti disebutkan diatas, ada beberapa hal yang juga perlu dilakukan khususnya bagi para pengguna komputer. Hal ini mengingat para pengguna komputer ini sangat rentan mengalami gangguan mata. Caranya adalah mengistirahatkan mata setiap satu jam sekali selama 10 - 20 menit. Hal ini penting agar mata tidak terus-menerus terfokus pada layar komputer.Alihkanlah pandangan mata ke tempat lain yang lebih jauh.

Waktu istirahat juga bisa digunakan untuk rileksasi mata maupun bagian tubuh yang lain.Ini penting agar otot-otot tidak mengalami kontraksi secara terus-menerus. Yang tidak boleh dilupakan adalah mengedipkan mata.Dalam satu menit, mata setidaknya berkedip sebanyak 15 kali. Dalam kedipan mata ini terkandung air mata yang berguna untuk membasahi mata supaya tidak segera mengering.

Mata yang sering terakomodasi dalam waktu lama akan cepat menurunkan kemampuan penglihatan jarak dekat.Karenanya perlu diperhatikan cara menggunakan mata secara tidak melelahkan. Misalnya menonton televisi pada jarak yang tepat, membaca dengan penerangan yang cukup, tidur yang cukup dan sebagainya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement