Rabu 20 Nov 2013 14:08 WIB

5 Tanda Anda Alami Masalah Tidur

Rep: mgrol22/ Red: Endah Hapsari
insomnia (ilustrasi)
Foto: ap
insomnia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak orang memiliki kesulitan tidur. Jika Anda kurang tidur berarti ada masalah yang sedang berlangsung, Anda mungkin memerlukan bantuan untuk mendapatkan tidur yang baik. Perhatikan tanda-tanda yang dilansir dari laman Health berikut, karena bisa berarti Anda sedang berjuang dengan gangguan tidur.

 

1. Masih merasa lelah

Anda tidur selama delapan jam, ketika bangun kepala terasa pening dan tidak segar. Itu merupakan tanda adanya gangguan tidur. Selama siklus tidur normal, tidur yang nyenyak dan lampu kamar yang dimatikan akan membuat Anda merasa terbangun dan sadar. Jika Anda masih mengantuk setelah 8 jam penuh di tempat tidur, kemungkinan ada sesuatu yang terjadi. 

 

2. Mendengkur

Mendengkur mungkin tidak berbahaya, tetapi juga bisa menjadi tanda peringatan sleep apnea—kondisi yang berbahaya di mana saluran napas Anda menjadi terhambat dan anda berhenti bernapas dalam tidur Anda.

 

3. Mengantuk di siang hari

Anda mengantuk bahkan tertidur selama kegiatan sehari-hari seperti membaca atau mengemudi. Ini normal, tetapi ketika Anda mulai mengalami kantuk yang berlebih di siang hari, misalnya jatuh tertidur di tempat kerja atau di belakang kemudi, maka sudah waktunya untuk mempertimbangkan apakah Anda mendapatkan tidur yang cukup atau Anda mungkin memiliki gangguan tidur.

 

4. Insomnia

Banyak orang yang menderita insomnia tidak mencari bantuan dari dokter. Mereka menganggap bahwa masalah itu akan hilang dengan sendirinya. Tetapi jika masalah tidur menjadi kronis, dalam artian bahwa otak melatih berulang-ulang untuk tidak tidur ketika itu seharusnya, Anda mungkin perlu obat atau terapi untuk kembali ke jalur yang benar.

 

5. Tidur bukanlah masalah satu-satunya 

Anda mungkin menderita kondisi kesehatan lainnya atau mengalami gejala misterius yang membuat Anda terjaga. Orang dengan masalah kesehatan, seperti depresi atau sakit kronis akan sulit tidur nyenyak.  Sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement