Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

Ini Bahayanya Bila Anak Cepat Puber

Rabu 06 Nov 2013 10:08 WIB

Rep: mgrol22/ Red: Endah Hapsari

Anak remaja perempuan

Anak remaja perempuan

Foto: corbis

REPUBLIKA.CO.ID, Dilansir dari health.com, sebuah penelitian baru menunjukkan pubertas dini yang datang lebih awal dapat mengakibatkan diabetes tipe 2 saat dewasa. Penelitian tentang perempuan yang dilakukan di delapan negara Eropa tersebut, tidak menegaskan bahwa pubertas dini dapat menyebabkan diabetes, tetapi ada poin yang bisa dihubungkan.

"Tubuh sedang mengalami banyak perubahan selama masa pubertas," kata Cathy Elks, seorang peneliti di unit MRC epidemiologi, University of Cambridge, Inggris. Elks juga mengatakan bahwa penelitian ini serta penelitian yang terkait sebelumnya, menunjukkan bahwa faktor-faktor biologis yang terlibat di masa perkembangan mungkin memiliki peran dalam perkembangan diabetes tipe 2.

Penelitian diterbitkan dalam the November issue of Diabetes Care tersebut, Elks dan rekannya meneliti catatan medis lebih dari 15.000 perempuan dan menemukan bahwa mereka yang mulai menstruasi antara usia 8 hingga 11 tahun, 70 persen lebih mungkin untuk mengembangkan diabetes tipe 2 daripada mereka yang mulai menstruasi pada usia 13 tahun (usia rata-rata). 

Penelitian lain telah menunjukkan bahwa anak perempuan yang mulai pubertas lebih awal, lebih mungkin untuk mengembangkan obesitas, penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Penyakit diabetes tipe 2 saat ini memang sedang meningkat dalam beberapa dekade terakhir, bersamaan dengan penurunan rata-rata usia pubertas, ujar para peneliti. Walaupun demikian, pubertas dini saat usia di rata-rata (setelah usia 15) tidak memberikan perlindungan yang lebih besar dari diabetes tipe 2 di usia dewasa, kata para penulis.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA