Jumat 11 Oct 2013 15:04 WIB

3 Kebiasaan Buruk yang Ganggu Kesehatan

Tertidur tanpa membersihkan make up bisa mengganggu kesehatan/ilustrasi
Foto: jagran.com
Tertidur tanpa membersihkan make up bisa mengganggu kesehatan/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak hal kecil yang kelihatannya sepele tetapi dapat memengaruhi kesehatan. Lupa membersihkan wajah sebelum tidur, terus-terusan memakai sepatu berhak tinggi, dan tertidur tanpa melepas lensa kontak, contohnya. Apa risikonya bagi kesehatan?

 

* Tertidur tanpa menghapus riasan 

Sesekali terlupa, wajah paling hanya akan berjerawat. Begitu menjadi kebiasaan, pori-pori bisa tersumbat dan menjadi sarang tumbuhnya bakteri. Jerawat batu bisa timbul dari alas bedak yang menempel pada wajah saat tidur. 

 

* Lupa mencopot lensa kontak 

Bukan saja mata kering yang bakal mengusik orang yang tertidur dengan lensa kontak terpasang. Dr Robert Cykiert, dokter mata dari NYU Langone Medical Center, Amerika Serikat pernah menolong ratusan pasien infeksi mata selama bertahuntahun. Sebanyak 95 persen kasus terjadi akibat kelalaian mencopot lensa kontak sebelum tidur. Risiko terkena infeksi serius pada kornea juga sangat tinggi. “Anda juga bisa terkena alergi mata,” jelasnya seperti dikutip majalah Fitness. 

 

* Mengenakan sepatu yang salah 

Orang kerap mengira sepatu bersol datar merupakan pilihan terbaik. Padahal, sepatu ala balerina tak membuat kaki lebih stabil dan tak menyediakan bantalan yang cukup untuk kaki. Sebaliknya, high heelsjuga bisa membahayakan penggunanya yang tidak berhati-hati. Kenakanlah sepatu yang dapat menopang kaki dengan baik dan memiliki sol dalam yang cukup tebal dan lembut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement