Kamis 10 Oct 2013 10:17 WIB

Ini Akibatnya Kalau Kebanyakan Kuning Telur

Rep: mgrol22/ Red: Endah Hapsari
Kuning telur/ilustrasi
Foto: tastingmemories.com
Kuning telur/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Sering kali kita mengonsumsi telur sebagai alternatif makanan cepat saji. Siapa sangka terlalu sering mengonsumsi telur, terutama pada bagian kuning telur dapat meningkatkan kolesterol. Sebenarnya, kuning telur memang bagus untuk dikonsumsi karena mengandung vitamin A, D, E, B12, asam folat, zat besi, dan kolin, terutama dalam proses tumbuh kembang anak.

Akan tetapi untuk orang dewasa, sebaiknya pilih untuk mengonsumsi putih telur karena kaya akan protein dan bebas kolesterol. “Untuk orang dewasa, paling bagus konsumsi putih telur saja, karena putih telur mengandung protein yang tinggi, kalau kuningnya mengandung kolesterol yang tinggi,” ujar dokter Ade Nur Prihadi.

Dokter Ade Nur juga mengimbau untuk tidak terlalu sering mengonsumsi telur khususnya bagian kuning telur karena kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung. 

Selain itu dr Ade Nur juga menyarankan sebaiknya konsumsi telur yang direbus dari pada didadar. “Sebaiknya konsumsi telur yang direbus, kita ambil putih telurnya, karena di situ proteinnya tinggi. Jika didadar akan tercampur semua jadi kurang bagus,” ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement