Rabu 15 May 2013 11:09 WIB

Anak-Anak Alami Gangguan Psikologi Akibat Internet

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Citra Listya Rini
Internet
Foto: alarabiya
Internet

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Keberadaan internet bisa membawa pengaruh positif dan negatif. Dampak negatif internet ternyata dialami oleh belasan anak di Kota Bandung. 

Pakar Psikologi dari UPI, Wowo Suwaryo Kuswana mengatakan saat ini ia sedang menangani 13 orang anak di Bandung yang mengalami gangguan medis dan psikologi akibat internet. 

''Tingkat kecanduan anak-anak itu pada internet sangat tinggi. Karena sejak SD kelas dua mereka sudah main game online. Mereka sekarang sedang mengalami perawatan,'' kata Wowo di Bandung, Rabu (15/5). 

Menurut Wowo, tingkat kecanduan anak-anak yang tinggi terhadap internet membuat anak tersebut menghabiskan waktu berjam-jam di internet. Sehingga, waktu belajar mereka jadi lebih sedikit. Bahkan, tulang punggung mereka melengkung karena duduk lama di depan komputer. 

''Tak hanya anak-anak. Saya pun menangani dua mahasiswa kedokteran yang kecanduan game online dan belajar mereka gagal,'' ujar Wowo.

Anak atau orang yang kecanduan internet, maka di malam hari akan memilih lebih lama di internet. Sehingga, mereka mengalami insomnia dan kekurangan tidur.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement